Mandi/Reuters
Health

Sulit Tidur? Coba Mandi di Malam Hari

Newswire
Kamis, 23 Februari 2017 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mandi air panas di pagi hari bisa membuat Anda segar dan meningkatkan kreativitas, menurut beberapa penelitian. Namun, jika Anda ingin memperbaiki kualitas tidur, mandi sebelum tidur bisa menjadi solusinya.

"Suhu tubuh memainkan peranan penting dalam meregulasi ritme sirkadian--yang mengingatkan tubuh saat merasa mengantuk. Pada siang hari, suhu tubuh secara alami meningkat hingga sore. Pendinginan adalah sinyal yang memberitahu kita seharusnya pergi tidur," kata Dr Dianne Augelli dari Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian.

Augelli mengatakan terganggunya proses ini bisa membuat seseorang sulit tidur.

Hal senada diungkapkan direktur behavioral sleep medicine dari New York’s Montefiore Medical Center, Shelby Harris. Menurut dia, mandi sebelum tidur memberikan tubuh kesempatan untuk pendinginan dan memicu tubuh agar bisa tidur.

Banyak penelitian menyarankan mandi selama 20 menit akan berefek bagi tubuh Anda. Namun, Harris merekomendasikan satu setengah jam. Dengan begitu, pada saat Anda berbaring, tubuh Anda menjadi dingin, kering dan siap untuk tidur.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membersihkan wajah saat mandi. Menurut National Sleep Foundation, cara ini dapat membantu membersihkan kulit, mengurangi jerawat, mencegah keriput dan membantu krim malam dan pelembab bekerja lebih efektif. Demikian seperti dilansir Health.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro