Anak-anak bermain gadget/Istimewa
Health

Kenali Anak Sulit Bergaul

Ramdha Mawaddha
Sabtu, 25 Februari 2017 - 03:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA Memiliki kemampuan komunikasi sejak dini adalah impian tiap orangtua.

Namun tak jarang kita menjumpai seorang anak yang sulit bergaul di lingkungan bahkan dengan teman sebayanya. Akibatnya jika bertemu orang lain sang anak akan merasakan kecemasan dan ketidaknyamanan.

Perihal sulit bergaul pada anak, Psikolog Anak dan Keluarga, Rosalina Verauli mengatakan jika faktor kecemasan pada anak bukan karena lingkungan, melainkan bawaan.

Untuk itu, Vera menyarankan agar tiap orangtua memperhatikan tingkah laku anak dalam pergaulan. Apakah sang anak sociable atau tidak, perlu menjadi perhatian.

Agar anak tidak mengalami kesulitan dalam pergaulan, para orangtua harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah pola pengasuhan pada anak, mengingat kecenderungan anka yang akan justru banyak belajar dari orangtuanya.

“Orangtua yang menjadi model bagi sanga anak, jika orangtuanya sociable maka akan menurun ke anaknya,” jelas Vera saat ditemui belum lama ini di Jakarta.

Poin kedua yang juga harus menjadi prhatian orangtua adalah memberikan kesempatan kepada sang anak untuk banyak bersoialisasi dengan lingkungannya. “Anak yang dibawa ke banyak sosial circle akan lebih mudah untuk belajar kompeten secara sosial dari pada anak yang diumpetin di rumah,” kata Vera.

Terakhir adalah memberikan apresiasi positif bagi sang anak. Bahawa apa yang dilakukan anak perlu diapresiasi bahwa yang dilakukan tepat dan benar. “Pada dasarnya, semua anak butuh merasa bahwa dia kompeten, kemudian ketika anak merasa kompeten maka mudah bagi dia untuk merasa lebih baik tentang dirinya,” pungkas Vera.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro