Health

Mendidik Anak Menjadi Supel

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Februari 2017 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang tumbuh dengan sehat, cerdas dan percaya diri.

Untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, orang tua perlu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan si Kecil sekaligus mengasah keterampilan sosialnya dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Sebagai produk susu pertumbuhan yang mendukung pemenuhan nutrisi anak Indonesia, SGM Eksplor menggelar kampanye, “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya” sejak September 2016 agar Bunda dapat berperan aktif mendorong si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri sehingga mampu bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Senior Brand Manager SGM Eksplor, AstridPrasetyo mengatakan menyadari pentingnya keterampilan sosial pada anak, SGM Eksplor meluncurkan kampanye “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya” "Agar para Bunda bisa memberikan produk susu pertumbuhan yang bernutrisi baik sekaligus stimulasi dan edukasi yang tepat untuk mendukung si Kecil tumbuh optimal dan mampu memiliki keterampilan sosial yang baik pula.” ujarnya
 
Salah satu inisiatif dalam kampanye ini adalah program mall activation Dunia Sahabat SGM Eksplor” yang kali ini digelar pada 24-26 Februari 2017 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Di arena ini, anak-anak bisa mengasah keterampilan sosialnya melalui permainan menarik di 4 Dunia: Dunia Safari, Dunia Berkebun, Dunia Samudra danDunia Langit. 
 
Permainan-permainan di Dunia Sahabat SGM Eksplor memiliki berbagai karakter dan tujuan yang dirancang berdasarkan faktor psikologis dan saraf motorik anak. Dunia Sahabat SGM Eksplor telah berlangsung di 4 kota besar yaitu Surabaya (30 Sep – 2 Okt 2016), Yogyakarta (4-6 Nov 2016), Medan (25-27 Nov 2016) dan Makassar (27-29 Jan 2017). Arena bermain yang diperkaya dengan sesi edukasi oleh psikolog dan dokter gizi ini telah menjangkau sekitar 90.000 ibu dan anak.  
 
Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi mengatakan, “Dalam masa tumbuh kembang anak, orang tua harus memerhatikan keselarasan lima hal penting yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial. Penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, mampu mengasah berbagai keterampilan hidup, membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal. Secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia.”
 
Lebih lanjut Anna Surti Ariani menjelaskan, ada beberapa keterampilan sosial yang perlu dikuasai oleh anak, seperti: berteman dan bekerjasama, menyelesaikan pertengkaran, peduli terhadap yang sakit atau kekurangan, marah tanpa mengganggu orang lain, sabar menunggu (mengantri) dan mengikuti aturan. "Melalui permainan yang ada di arena ini, anak-anak dapat mempelajari dan mengenal beberapa keterampilan sosial tersebut, bergantian dan mengantri ketika menaiki flying fox mini. Hal ini akan mengenalkan anak pada kesabaran menunggu dan budaya antri.” katanya.
 
Keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap karena status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.[1] Anna Surti Ariani menambahkan, “Menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik, karena akan membuat perkembangan psikologinya baik pula. Dengan tubuh yang sehat karena kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang lebih mudah bergaul di kemudian hari.”
 
Dokter spesialis gizi klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, menyampaikan nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil hingga dewasa.
 
"Untuk itu, penting bagi para orang tua untuk mengoptimalkan pemenuhan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal sesuai dengan perkembangan usianya. Anak yang terlengkapi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik dan berpotensi untuk memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi.” ujarnya.
 
Terkait arena permainan yang tersedia di acara ini, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK menjelaskan, “Permainan yang tersedia di acara ini dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang pentingnya pemenuhan nutrisi yang optimal untuk menjaga kesehatan, misalnya anak-anak diajak untuk tidak takut dengan perbedaan cuaca. Dengan nutrisi yang optimal, anak-anak akan punya daya tahan yang baik dalam menghadapi pergantian cuaca.”
 
Zee Zee Shahab, seorang selebriti dengan satu orang anak mengungkapkan, “Selaku Ibu dari seorang anak yang sedang aktif mengeksplor lingkungan sekitarnya, saya selalu memperhatikan asupan nutrisi anak saya, melalui makan yang bergizi seimbang, dilengkapi minum air putih dan aktivitas fisik yang cukup. Jika anak saya sehat, ia bisa bebas belajar dan mengeksplor hal baru di lingkungan sekitarnya baik dengan teman sebayanya ataupun yang lebih tua. Saya sering membawa anak saya ke tempat-tempat bermain dimana mereka bisa bertemu banyak orang baru. Seperti pada acara seperti ini, anak saya bisa berinteraksi dan bersosialisasi sambil bermain dengan anak-anak lainnya mendapatkan pengetahuan melalui permainan-permainan yang edukatif di sini.”
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro