Ilustrasi./.
Health

Mengasah Keterampilan Sosial Anak

Rezza Aji Pratama
Sabtu, 25 Februari 2017 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Para orang tua disarankan untuk memperhatikan keselarasan lima hal yakni yaitu aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial dalam masa tumbuh kembang anak.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani mengatakan penting bagi anak memiliki keterampilan sosial karena anak akan lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya, lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, mampu mengasah berbagai keterampilan hidup, membantu mengurangi kesulitan di sekolah dan tentunya membuat anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal.

“Ada beberapa keterampilan sosial yang perlu dikuasai oleh anak, seperti: berteman dan bekerjasama, menyelesaikan pertengkaran, peduli terhadap yang sakit atau kekurangan, marah tanpa mengganggu orang lain, sabar menunggu (mengantri) dan mengikuti aturan.,” ujarnya, Sabtu (25/2/2017).

Anna mengatakan keterampilan sosial memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap. Pasalnya, status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang.

Dia menambahkan menjadi anak yang sehat merupakan landasan utama agar bisa memiliki keterampilan sosial yang baik, karena akan membuat perkembangan psikologinya baik pula.

Dengan tubuh yang sehat karena kecukupan nutrisi yang baik, ia menjadi anak yang lebih tahan menghadapi stres, dan lebih mampu meregulasi emosinya, lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang lebih mudah bergaul di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro