Fashion show di Rumah Desain/Istimewa
Fashion

Fashion Show dari Siswa dan Alumni Esmod Ramaikan Rumah Desain

Andhika Anggoro Wening
Selasa, 28 Februari 2017 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fashion show persembahan siswa dan alumni Esmod Jakarta meramaikan peluncuran Rumah Desain di Gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (27/2/2017). Dengan tagline House of Indonesia Designer, Rumah Desain yang berada di Lantai B1 tersebut tampak meriah dengan para desainer dan perajin dari usaha kecil menengah (UKM) binaan Lembaga Pelayanan dan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM), Kemenkop dan UKM.

Perancang dari Esmod Jakarta tersebut menampilkan koleksi busana bertema kain etnik khas Nusantara. Baik untuk busana casual maupun formal, busana rancangan para desainer muda tersebut dipadu-padankan dengan aksesori karya pelaku UKM seperti tas, sepatu, anting, gelang, dan aksesori lainnya.

"Acara ini menarik sekali, karena ini baru kali pertama saya ikut show di Smesco Indonesia. Saya berharap hal ini terus dilakukan agar perancang muda di Indonesia semakin terekspos. Nah, ini merupakan peluang dan wadah baru untuk desainer Indonesia," ujar Denad Ulima, desainer muda yang menampilkan dua rancangan bertema songket Palembang.

Acara peresmian tersebut dihadiri Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi, Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharam, Managing Director Esmod Jakarta Ricardo Leatemia, dan sejumlah tamu undangan. Dalam sambutannya, Ahmad Zabadi menjelaskan sejarah tentang awal mula berdirinya Rumah Desain. Itu ide awal dimulai pada akhir 2015. Ketika itu, LLP-KUKM menerima Esmod Jakarta untuk menindaklanjuti pertemuan antara Sekretaris Kemenkop dengan Esmod Jakarta agar bisa bekerja sama dan memberikan manfaat bagi para koperasi dan UKM di tanah air.

"Yang sangat kami apresiasi adalah Esmod memberikan dukungan untuk menyiapkan desain layout. Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena kami tidak membayar serupiah pun untuk desainnya. Karena itu, kami menyediakan rumahnya para desainer Indonesia yang diberi nama Rumah Desain," ujar Zabadi.

Sementara itu, Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharam menuturkan bahwa pihaknya memiliki teman yang sekolah di Esmod. Ketika itu ada acara Esmod. Agus dan anaknya datang. "Di situ saya bertemu pak Ricardo dari Esmod. Kami berdiskusi tentang bagaimana mengembangkan mode di Indonesia," ujarnya.

Tentunya kalau belajar mode, kata Agus, harus belajar kepada suhunya. Salah satunya ada di Paris, Prancis. Nah, Esmod adalah sekolah mode terkenal di Paris. "Semoga dengan kerja sama ini bisa meningkatkan kreativitas para desainer," tuturnya.

Ricardo Leatemia, perwakilan Esmod Jakarta, mengungkapkan bahwa kerja sama antara Esmod Jakarta dengan LLP-KUKM tidak berhenti saat peresmian Rumah Desain. Esmod Jakarta akan memberikan pelatihan dan advokasi kepada para desainer dan juga pengunjung yang datang ke Rumah Desain. Esmod juga membuka diri untuk pengembangan desainer muda. "Tidak hanya terhadap kualitas desain, tetapi juga bagaimana memasarkan produknya," kata Ricardo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro