Dilarang merokok. /bisnis.com
Health

Rokok Bisa Jadi Jalan Tol Remaja Menuju Narkoba

Newswire
Selasa, 28 Februari 2017 - 16:38
Bagikan

Kabar24.com, PADANG - Kebiasaan merokok dianggap sebagai jalan tol yang membuat remaja kebablasan mengkonsumsi narkoba.

Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatra Barat Bambang Heru Wismoyo, rokok merupakan akses tercepat untuk menjadikan generasi muda melakukan penyalahgunaan narkotika.

Generasi muda akan mudah terpengaruh untuk mengonsumsi rokok sebagai bentuk pengakuan diri terhadap lingkungannya, katanya di Padang, Selasa (28/2/2017).

Ia menyebutkan, dalam pergaulannya mereka sedang mencari jati diri. Ketika seorang teman merokok maka teman yang lain akan mengikuti sebagai bentuk eksistensi diri.

"Rasa ingin tahu yang besar terhadap rokok ini membuat anak-anak remaja cenderung mudah menjadi pengonsumsi rokok secara aktif," ujarnya.

Kemudian, setelah berkenalan dengan rokok mereka akan beralih kepada sesuatu yang lebih daripada rokok yaitu ganja. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka mencoba dan menjadi kecanduan.

"Dalam hal ini tentu para orang tua perlu melakukan pengawasan ketat terhadap teman anak-anak mereka agar tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba," katanya.

Ia mengatakan dari penelitian yang dilakukan BNNP Sumbar, sebagian besar jenis narkoba yang digunakan di Sumatera Barat adalah jenis ganja. Hal itu disebabkan tingginya hasrat masyarakat Sumbar dalam mengonsumsi rokok.

"Berawal dari penggunaan rokok maka terbukalah gerbang untuk mengonsumsi ganja, penggunaannya sama seperti ketika mengonsumsi rokok," ujarnya.

Hal lain yang menyebabkan seseorang terjerat menjadi pengguna narkoba adalah kurangnya kontrol dari orang tua untuk mengawasi pergaulan anak mereka, sebutnya.

Ia mengimbau agar seluruh masyarakat melakukan deteksi dini terhadap anak-anak mereka. Dengan cara melakukan pengawasan secara berkesinambungan terhadap pergaulan anak.

"Tentu perlu komitmen yang kuat agar menciptakan generasi muda yang bersih dari narkoba," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro