Ilustrasi./.twicsy.com
Health

Liburan Keluarga Cerdaskan Anak

Nindya Aldila
Selasa, 28 Februari 2017 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA– Sejumlah ahli psikologi menyatakan liburan bersama keluarga memiliki dampak bagi kecerdasan anak-anak. Liburan dianggap menjadi salah satu sumber kebahagiaan bagi keluarga.

Psikolog dan penulis buku best seller The Telegraph, Oliver James mengatakan anak-anak memiliki anggapan bahwa pengalaman berlibur bersama keluarga adalah pengalaman yang berharga.

“Menghabiskan waktu untu bicara hal-hal yang lucu, berbagi es krim, dan kegiatan lainnya sebenarnya adalah momen yang sangat penting,” ujarnya, seperti dikutip dari parents.com, Selasa (28/2/2017).

Menurut psikiater Margot Sunderland menilai berlibur bersama anak-anak juga dapat memberikan dampak positif kepada perkembangan otaknya. Lingkungan yang beragam menawarkan pengalaman baru dalam interaksi sosial, fisik, kognitif, dan sensorik anak.

Pengalaman ini akan berubah menjadi ekspresi genetik pada otak dalam lobus frontal, lanjutnya, meningkatkan fungsi penting seperti kontrol stres, konsentrasi, manajemen perencanaan, dan kemampuan untuk belajar, dan juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

"Dengan memupuk otak berhubungan dengan dengan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak. Jadi, menghabiskan waktu untuk menjelajahi tempat-tempat baru bersama anak Anda membuat anak lebih cerdas," katanya.

Dia juga menegaskan bahwa orang tua lebih baik menghabiskan uang untuk berlibur bersama dibanding untuk membelikan mainan untuk anak karena anak akan cepat bosan setelah satu hingga dua pekan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Liburan Keluarga di Inggris pada 2015, sebanyak 49% responden menunjukkan momen paling bahagia terjadi pada saat liburan keluarga. Sepertiganya bahkan masih mengingat liburan keluarga saat dia masih kecil, sementara seperempatnya mengingatnya saat mereka menghadapi masa sulit.

Tunggu apa lagi. Cari tanggal cuti yang pas, pesan tiket serta kamar hotel, dan siapkan rencana liburan anda bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro