Ilustrasi/the good life france
Fashion

Prancis Akan Gelar Festival Kuliner Good France di 36 Restoran Indonesia

Wike Dita Herlinda
Kamis, 2 Maret 2017 - 19:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia-Prancis (IFCCI) kembali menggelar festival kuliner Prancis, Good France 2017.

Acara yang akan dihelat pada 21 Maret 2017 di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Jakarta itu melibatkan total 36 restoran partisipan dengan konsep variatif, mulai dari bistro, kontemporer, hingga haute gastronomie dengan menu beragam.

Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Prancis Jean-Marc Ayrault mengatakan acara Good France 2017 akan menjadi momentum mengapresiasi cita rasa khas Prancis yang menjadi warisan budaya sekaligus identitas nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu; kebersamaan, berbagi kebahagiaan untuk berkumpul, dan menyantap hidangan yang sehat.

“Tradisi gastronomi Prancis adalah sebuah ritual khas Prancis. Dalam tradisi itu terdapat pakem-pakem tertentu, yaitu rangkaian makan yang dimulai dengan aperitif atau menu penggugah selera, kemudian makanan pembuka, lalu ikan atau daging dengan sayuran, keju, dan makanan penutup,” katanya, Kamis (2/3/2017).

Dekorasi meja dan bahasa tubuh seperti membaui dan menyicipi makanan yang dihidangkan dalam juga merupakan pelengkap ritual tradisi gastronomi Prancis. Sebagai warisan budaya dan identitas bangsa, masyarakat Prancis menganggap tradisi gastronomi sebagai hal penting.

“Tradisi makan-makan tersebut telah lama menjadi praktik sosial yang biasa mereka lakukan untuk merayakan momen-momen penting dalam hidup, seperti pernikahan dan ulang tahun. Praktik tersebut mempererat hubungan antarindividu, baik teman dan keluarga, dengan menekankan aspek berbagi dan kebersamaan,” imbuh Jean-Marc.

Di Jakarta sendiri, acara Good France 2017 akan diikuti oleh 19 restoran dengan cita rasa Prancis. Mereka a.l. Anigre, Bistro Baron, Branche Bistro, Chili Cool, Garcon, Immigrant Dining, Le Monde au Balcon, Lyon, Amuz Gourmet, Monty’s, Orient 8, Porto  Bistreau Jakarta dan Tangerang, Sea Grain, The Wine Cellar, Olivier, Emilie, AMKC, dan Nusa Gastronomy.

Di Bandung diikuti oleh Bilbao, Hilton Bandung-Fresco, Streats Ibis Styles Bandung Braga, OOPEN, dan Purnawarman. Di Jogja diikuti oleh LokaLoka Bistro, Mediterranea, Paprika (The Phoenix Hotel).

Di Surabaya diikuti oleh Citrus Lee, The Consulate, Vis a Vis-JW Marriot, dan di Bali diikuti oleh Husk, Jimbaran Garden International Bali Resort, Mozaiq Restaurant, Teatro Gastroteque, Cascades, dan Cut Catch Cucina – Sofitel Nusa Dua Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro