Poster Pameran/galeri-nasional.or.id
Show

Galeri Nasional Gelar Pameran 100 Karya Seni Rupa Nusantara

Dika Irawan
Selasa, 7 Maret 2017 - 16:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Galeri Nasional Indonesia menggelar Pameran Seni Rupa Nusantara 2017 pada 7 hingga 27 Maret mendatang. Bertajuk REST AREA - Perupa Membaca Indonesia, event akbar dua tahunan ini bersifat terbuka dan mengakomodir para perupa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Lewat mekanisme seleksi, perhelatan ini memberikan kesempata dan peluang bagi para perupa di Nusantara dalam menunjukkan potensi, kreativitas, dan eksistensinya. Selain itu pameran ini juga sekaligus memetakan perkembangan mutakhir seni rupa di Tanah Air.

Dikuratori Suwarno Wisetrotomo dan A. Sujud Dartanto, pameran menghadirkan 100 karya seni berupa lukisan, patung, grafis, drawing, object, instalasi, video art, batik, dan keramik. Karya-karya tersebut milik 100 seniman yang dipilih setelah melalui proses kurasi ketat.

Kurator pameran Suwarno Wisetrotomo mengatakan tema REST AREA - Perupa Membaca Indonesia dipilih untuk menggali apakah karya seni rupa masih memiliki fungsi sebagai saksi dan pencatata zaman, apakah masih memiliki kekuatan menyentuh kesadaran reflektif bagi penonton, dan apakah masih memiliki kekuatan misteri dan mendorong keluasan imajinasi bagi khalayak luas.

"Di tengah turbulensi sosial, politik, ekonomi, dan budaya, seni rupa seharusnya memainkan peran pentingnya untuk menciptakan keseimbangan," katanya di sela-sela pembukaan pameran, Selasa (7/3/2017).

Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus 'Andre' Sukmana berharap pameran ini dapat memotivasi banyak pihak, khususnya para seniman atau perupa agar terus berpacu, tetap semangat berkarya, dan berkompetisi untuk menunjukkan kreativitas dan ekspresi diri lewat karya seni rupa yang memiliki beragam makna, nilai, dan fungsi dalam penguatan karakter bangsa.

"Hal ini sejalan pula dengan arah kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pendidikan seni dan budaya serta menyediakan sarana dan prasarana kesenian sekaligus meningkatkan promosi daerah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro