Pemudik penumpang KA Menoreh asal Semarang berjalan menuju pintu kedatangan saat tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (10/7/2016). /Antara
Relationship

Tips Mudik Naik Kereta yang Nyaman

Newswire
Kamis, 9 Maret 2017 - 06:59
Bagikan

Bisnis.xom, JAKARTA-Pulang ke kampung halaman dengan menumpang kereta api bisa menjadi pilihan bila malas terjebak macet dan tidak dapat tiket pesawat. Tapi, seperti moda angkutan lainnya, tiket kereta api menjelang hari sulit didapat meski sudah mencari beberapa minggu sebelum hari H.

Manajer Produk Senior Traveloka, Arnold Pramudita, saat ditemui di jumpa pers Traveloka, di Jakarta, Rabu menyatakan antusiasme membeli tiket kereta api cukup besar sejak mereka membuka layanan pesanan tiket kereta pada Januari lalu. Bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Traveloka akan menjual tiket kereta api untuk lebaran mulai pertengahan Maret ini. Ia membagikan beberapa tips agar nyaman pulang kampung dengan kereta.

1. Pesan jauh hari Memesan tiket kereta api sejak beberapa tahun belakangan memang tidak bisa dilakukan secara mendadak. Kini tiket kereta bisa dibeli secara online melalui situs KAI atau situs penyedia pemesanan tiket transportasi seperti Traveloka. Tiket kereta sebetulnya dapat dibeli hingga maksimal enam jam sebelum berangkat.

Tetapi, untuk mudik, Arnold menyarankan memesan tiket 90 hari sebelum hari keberangkatan. Pembawa acara Novita Angie saat ditemui di acara yang sama berpendapat memesan tiket kereta menggunakan aplikasi sangat mudah. "Bisa sambil beraktivitas lain pas pesan tiket," kata Angie.

2. Siapkan tanggal alternatif Bila sudah menentukan kapan akan pergi naik kereta, sebaiknya siapkan tanggal lainnya untuk berjaga-jaga tidak dapat tiket pada tanggal yang sudah ditentukan.

3. Pilih tempat duduk Angie bila naik kereta untuk perjalanan berjarak jauh lebih menyukai duduk di dekat lorong agar tidak mengganggu penumpang lain saat akan ke toilet.

4. Cek bagasi Ada baiknya menyesuaikan barang bawaan dengan ketentuan bagasi maksimal saat naik kereta, 20 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro