Edwin Gallery/edwingallery
Show

Edwin's Gallery Gelar Pameran Solidifusion

Dika Irawan
Kamis, 9 Maret 2017 - 09:21
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Edwin's Gallery menggelar pameran SOLIDIFUSION yang melibatkan seniman Kemal Ezedine dan Rocka Radipa, pada 8 hingga 19 Maret mendatang. 
 
Pameran tersebut menampilkan karya-karya drawing dua perupa tersebut. Karya-karya yang ditampilkan menggunakan medium logam. 
 
"Yang paling disorot dalam proses tersebut adalah pilihan mereka menggunakan material pendukung dalam menghasilkan karya. Keduanya tertarik untuk mengeksplorasi lempengan metal sebagai permukaan media gambar. Secara lugas, pameran ini hendak menyajikan hasil-hasil eksplorasi tersebut," kata kurator pameran Leondhard Bartolomeus di Edwin's Gallery, Jakarta, Rabu (8/3/2017). 
 
Penggunaan plat metal sebagai bidang lukisan bukan hal yang sama sekali baru. Setidaknya dapat dilacak hingga abad ke 15. Secara teknis karya jenis ini lebih dikenal sebagai enamel, yang sudah banyak digunakan sebagai benda-benda dekoratif. Metal memang cukup sulit ditangani pada masa lampau karena sifat materialnya yang rapat dan halus. 
 
Ada beberapa hal yang membuat penggunaan plat metal ini cukup sulit. Pertama adalah cat yang belum cukup kuat untuk menempel pada permukaan dan yang kedua adalah penanganan materialnya yang kaku. 
 
Barto mengatakan dibandingkan dengan kanvas—yang bisa digulung, metal menjadi kurang popular karena sulit dipindah-pindahkan. Sebagian pelukis lebih memilih menggunakan panel kayu sebagai bidang gambar yang kaku dengan pertimbangan penanganan terhadap lapisan cat lebih mudah dilakukan. 
 
"Seiring perkembangan teknologi cat, metal kembali dilirik sebagai salah satu alternatif lukisan selain kanvas," pungkasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro