Teater Tri Mbak Kentir/Istimewa
Show

Kehidupan Malam Dalam Teater Tri Mbak Kentir

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Maret 2017 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kehidupan dunia malam coba dituangkan dalam teater berjudul Tri Mbak Kentir yang dipentaskan oleh Regeneration Theatre dalam program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia yang digelar Galeri Indonesia Kaya.

Pementasan ini bercerita tentang tiga sahabat yang tinggal satu kontrakan dengan latar belakang budaya dan keluarga yang berbeda-beda, namun ketiganya sama-sama berkecimpung di dunia malam.

Sumarah (Delila) yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dan akhirnya memilih untuk mengubah nasibnya di Jakarta, Marlina (Sheila Octarina) yang terjebak dengan tawaran pekerjaan dari orang yang tak dikenal, Momon (Yusuf Bakrie) yang adalah seorang banci yang lahir dari keluarga kaya namun terjebak dalam dunia malam karena kurang perhatian dari sang ayah.

Suatu ketika Sumarah, Marlina dan Momon bertemu dengan seorang pria yang sama-sama membuat mereka jatuh cinta. Kisah percintaan segiempat inilah yang akhirnya menjadi pemicu perpecahan persahabatan mereka. Hal ini adalah salah satu dari masalah yang harus mereka hadapi, hingga muncul banyak masalah yang akhirnya membuat mereka untuk lebih menyadari betapa pentingnya persahabatan mereka.

“Generasi muda yang tergabung dalam Regeneration Theatre ini menyadari bahwa teater merupakan ruang yang cocok untuk menuangkan kreativitas yang ada di kepala mereka. Untuk itu, kami menginisiasi program Ruang Kreatif ini sehingga para kreator muda seperti Regeneration Theatre ini memperoleh edukasi mengenai seni pertunjukan dari orang-orang yang ahli di bidangnya sehingga ide-ide yang ada di kepala mereka dapat disalurkan menjadi sebuah pertunjukan yang bisa dinikmati semua orang,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation dalam siaran persnya

Cerita ini ditulis oleh Megarita yang terinsipirasi dari pengalaman hidup dari seorang teman. Kelompok yang beranggotakan 30 orang ini sebelumnya dikenal dengan nama S’mas Regeneration yang hadir akan kecintaan mereka akan seni teater.

“Regeneration Theatre awalnya hadir karena kami melihat melihat minat masyarakat pada seni teater sangat rendah dan kurangnya wadah untuk berkarya dengan kebebasan berekspresi. Sebelumnya kami kurang mengerti bagaimana cara memproduksi sebuah seni pertunjukan sehingga menjadi suatu paket yang bisa dinikmati oleh penonton. Kami sangat tertarik ketika mengetahui adanya program Ruang Kreatif di Galeri Indonesia Kaya ini ditambah dengan pelatihan dari para maestro seni pertunjukan Indonesia yang terbukti melahirkan banyak karya. Semoga kami bisa terus melahirkan karya yang mewarnai seni pertunjukan Indonesia,” ujar Jolly M. Sijabat.

Sepanjang Maret 2017, Galeri Indonesia Kaya menampilkan beragam pertunjukan karya kreator muda yang terpilih melalui program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia. Program ini merupakan program edukasi seni pertunjukan yang mencakup teori dan praktek dalam proses pembuatan seni pertunjukan yang didampingi oleh tiga orang mentor yaitu Yudi Ahmad Tajuddin, Eko Supriyanto dan Garin Nugroho.

Ruang Kreatif ini merupakan program edukasi seni pertunjukan yang mencakup teori dan praktek dalam proses pembuatan seni pertunjukan. Para kreator muda dari seluruh Indonesia diajak untuk menuangkan gagasan pementasan dalam Proposal Art Project. Dimulai dari pengiriman proposal yang berisi gagasan pementasan dari masing-masing kelompok seni dan kemudian 25 peserta terseleksi yang diwakili oleh pimpinan produksi/ketua komunitas mengikuti workshop di Galeri Indonesia Kaya selama tiga hari. Di akhir sesi workshop ini masing-masing kelompok kembali mempresentasikan karya mereka kepada para panelis dan akhirnya dipilih 10 kelompok yang akan menampilkan karyanya di Galeri Indonesia Kaya pada bulan Maret 2017 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro