Makanan sehat/Antara
Health

Diet Sehat Tak Perlu Probiotik

Newswire
Kamis, 16 Maret 2017 - 10:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan dari Australia mengungkapkan konsumsi probiotik mungkin hanya sedikit memberikan manfaat atau bahkan tak samasekali bermanfaat bagi tubuh, bila Anda telah mengonsumsi makanan sehat.

Dalam sebuah studi, peneliti menguji efek probiotik pada tikus. Mereka menemukan, bahwa tikus yang diberi junk food tinggi kalori tidak hanya menjadi gemuk, tetapi juga mendapatkan manfaat probiotik yang ditandai perubahan dalam saluran pencernaan dan peningkatan fungsi otak.

Namun, pada tikus yang diberi makanan-makanan sehat, justru mengalami gangguan memori sementara probiotik hanya berefek minimal bagi sistem pencernaan mereka.

Peneliti studi itu, Profesor Margaret Morris, mengatakan bahwa probiotik bisa bermanfaat bila Anda mengonsumsi makanan-makanan yang justru tak sehat.

"Tapi jika Anda makan makanan sehat, probiotik bisa tidak bermanfaat," ujar Morris.

Studi ini sekaligus menjadi penegasan bahwa "diet gaya Barat" yang tinggi gula dan lemak jenuh, berdampak negatif pada fungsi kognitif dan otak, serta mengubah komposisi dan aktivitas metabolik mikroba dalam sistem pencernaan secara cepat. Demikian seperti dilansir Kantor Berita Xinhua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro