Bisnis Style

JOB PPEJ Beri Pelajaran Seputar Pengeboran Minyak pada Siswa SD

Wike Dita Herlinda
Rabu, 22 Maret 2017 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap warga sekitar, perusahaan minyak dan gas (migas) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah yang berada di sekitar perusahaan.

Kegiatan mengajar itu dilakukan tim JOB PPEJ di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Materi yang diajarkan di antaranya terkait dengan kegiatan proses perminyakan dan juga Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).  Ada 6 materi yang diajarkan, seperti tentang proses produksi minyak, medical, fire, environment, dan lainnya.

Proses pelaksanaan kegiatan JOB PPEJ mengajar itu dimulai sejak pagi diawali dengan upacara bendera di lapangan SDN yang berada di ring satu perusahaan itu. Selanjutnya proses mengajar dilanjutkan dengan game sebelum proses mengajar ke dalam ruang kelas dengan berbagai materi seputar kegiatan hulu migas.

"Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial kita dengan memberikan pengetahuan, pembelajaran dan juga informasi terhadap warga sekitar perusahaan, terutama dengan mengajar ke sekolah-sekolah seperti ini," jelas Field Manager JOB PPEJ Nusdhi Septikaputra dalam siaran pers, Selasa (22/3/2017).

Salah satu materi yang diajarkan dalam kepada para siswa adalah bagiamana bisa menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), baik di sekolah maupun di rumah secara baik. Tak hanya itu, anak-anak diajak menjaga kebersihan, seperti melakukan cuci tangan dan memelihara lingkungan yang asri.

"Keselamatan dan Kesehatan Kerja itu tidak hanya dilakukan di perusahaan, tapi keselamatan itu termasuk di sekolah, di jalan raya dan di rumah," tambah Nusdhi.

Selain tentang K3, tim pengajar dari JOB PPEL menjelaskan terkait dengan proses pengeboran, eksplorasi minyak, penyulingan, dan distribusi migas. Proses produksi migas ini dijelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana supaya bisa dipahami anak-anak SDN.

"Kami juga memberikan informasi terkait dengan perminyakan, seperti bagaimana proses minyak itu terbentuk, bagaimana mendapatkan, dan bagaimana cara mengebornya. Informasi yang kita berikan hanya memberikan gambaran awal. Jadi supaya anak-anak punya gambaran kalau memang mereka punya cita-cita untuk bekerja di perminyakan," sambungnya.

Proses pembelajaran di sekolah tersebut dibagi per masing-masing kelas mulai dari kelas 1 sampai 6. Sehingga pengajar dibagi jadi beberapa tim yang secara bergantian mengajar anak-anak dari warga ring satu ini.

Dengan adanya program JOB PPEJ mengajar itu, 279 siswa-siswi SDN Rahayu sangat antusias mengikuti proses pembelajaran dengan para guru dari JOB PPEJ sejak pagi sampai kegiatan selesai. Pasalnya, mereka mengaku mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, baik terkait dengan kesehatan dan dunia perminyakan.

Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN), Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Sri Rahayu mengatakan, dia berterima kasih dengan adanya program JOB PPEJ mengajar itu.

Dengan adanyan pembelajaran terkait K3 dan seputar dunia perminyakan, dinilai bisa jadi motivasi bagi anak-anak SDN sekitar korporasi hulu migas untuk memiliki cita-cita yang lebih tinggi dan terus bersekolah ke jenjang lebih tinggi.

"Kami sangat senang sekali, karena kegiatan seperti ini bisa memberikan dampak positif terkait motivasi anak-anak. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini menjadikan anak-anak lebih bersemangat dalam mengejar cita-citanya," ungkap Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro