Internet/Ilustrasi
Fashion

Forum Sahabat Generasi dan UI Kampanye Internet Sehat

Nindya Aldila
Sabtu, 25 Maret 2017 - 13:50
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA -- Forum Sahabat Generasi yang bekerja sama dengan Forum Studi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia meluncurkan program Gerakan Internet Sehat untuk Semuanya (Genius) yang ditujukan bagi generasi muda terutama anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Generasi muda tidak hanya harta bagi keluarga tapi juga bangsa karena generasi muda adalah pemimpin masa depan. Allah sedang menguji generasi muda dengan serangan melalui konten negatif yang tersebar di media sosial. Hal itu disampaikan oleh Jabar Hidayatullah, Ketua Forum Studi Islam (FSI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengatakan.

"Kami FSI bersama Sahabat Generasi bersyukur biaa menyelenggarakan National School Training dengan mengumpulkan lebih dari 2.200 siswa SMP dan SMA di Kota Depok dan Jakarta. Semoga apa yang kami lakukan adalah langkah kebaikan yang membuka pintu kebaikan lainnya," ujarnya, Sabtu (25/3/2017).

Acara yang diselenggarakan di Balairung, Universitas Indonesia ini juga dihadiri oleh Hafidz Nasir, Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok. Dalam sambutannya dia mengatakan sebanyak 5%-10% gadget mania atau pecandu gawai yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya dalam 16 jam sehari menyentuh 100-200 kali gawainya.

"Jadi bisa dibayangkan. Sekitar 4,8 menit orang-orang ini menyentuh gadget-nya. Seringkali kita kalau ngobrol tidak nyambung karena pakai gadget. Jadi ini perlu diantisipas. Meski internet memberikan dampak positif, tapi juga memberikan perubahan perilaku. Bisa kita antisipasi hal positif. Teknologi informasi merambah ke otak maka secara bertahap akan mengubah perilaku dan akhlak kita.

Dia berharap figur tenaga pengajar seperti guru di sekolah bisa menjadi pengawas kegiatan mengakses internet.

Dalam program ini, anak-anak diberikan pelatihan dengan memberikan fakta-fakta dampak negatif penggunaan internet terutama paparan seperti pornografi. Anak-anak dilatih untuk bisa menggunakan internet dengan cerdas. Gerakan Internet Sehat untuk Semuanya atau Genius diharapkan menjadi gerakan yang kontinu dan bisa disuarakan ke selurih daerah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro