Yosafat Dwi Kurniawan/Istimewa
Fashion

Politik, Sosial dan Ekonomi dalam Koleksi Musim Gugur Yosafat Dwi Kurniawan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Maret 2017 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Koleksi Musim Gugur 2017 dari desainer Yosafat Dwi Kurniawan adalah sebuah kebangkitan kembali akan kecintaannya pada konstruksi busana yang kompleks dan garis desain futuristik.

Sang desainer memang adalah penggemar akan ide-ide tentang kehidupan di masa depan. Nasib peradaban yang belum jelas di waktu yang akan datang menjadi topik hangat yang ingin ia bicarakan melalui koleksi ini, terutama di waktu- waktu sekarang, di mana kondisi politik, sosial dan ekonomi terasa begitu terpecah belah.

Ketidakjelasan akan masa depan justru memberi sang desainer kebebasan untuk berimajinasi dan mengeksplorasi aneka bentuk, siluet, dan bahan yang digunakan.

Koleksi ini dibuat dengan dominasi warna gelap, agar penekanan akan tekstur kain, potongan busana, dan bentuk dapat lebih mencuri perhatian penikmat mode.

Yosafat memberanikan diri untuk memikirkan ulang tentang apa yang diingini oleh konsumennya di masa-masa sekarang ini.

Dia mengajukan ide di mana garis desainnya yang tegas dan konstruktif kali ini di eksekusi dengan bahan yang elastis, sehingga walau tetap menahan dan memberi bentuk, namun busana tersebut tetap terasa nyaman dan dapat bergerak dengan bebas. Dalam 4 look pertama, bahan berwarna abu-abu tua dengan tekstur seperti aspal metalik menjadi contoh nyata, pertemuan antara konstruksi yang kokoh dan kenyamanan bahan yang elastis.

Sang desainer juga menambahkan eksplorasi dengan dekorasi bahan berupa desain payet yang disusun mengerucut dengan aksen kristal yang di atur sedemikian rupa sehingga memberi kesan simetris dan berkilau, di bahan yang transparan namun kaku, menampilkan sebuah fondasi yang kokohnamun tetap mewah.

Di tengah peragaan koleksi kali ini, penikmat mode dapat melihat eksplorasi sang desainer dengan bahan yang lebih ringan dan melambai. Bahan yang juga memiliki daya elastis ini diolah menjadi satu seri gaun-gaun pendek yang ringan dan mudah dikenakan, namun tetap dengan konstruksi kokoh dengan detail lipatan besar dan pinggiran yang di hiasi dengan berwarna sama namun dengan tekstur satin.

Koleksi ini diharapkan dapat memberikan semangat optimisme dalam melihat masa depan. Yosafat berharap bahwa melalui karyanya ia bisa memunculkan lagi semangat bagi para insan mode untuk kembali menikmati fashion sebagai ekstensi gaya hidup dan memproyeksikan citra diri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro