Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3)./Antara-Wahyu Putro A
Show

Menkes Nila F Moeloek: Pikiran Kartini Sedang Terjadi Saat Ini

Ramdha Mawaddha
Rabu, 12 April 2017 - 02:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek turut hadir membacakan surat-surat Kartini pada gelaran Panggung Para Perempuan Kartini di Museum Bank Indonesia, Selasa (11/4).

Nila membacakan surat Kartini bersama aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda dan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmayana Hadi.

Menkes Nila membacakan surat Kartini untuk Stella Zeehandelaar tentang keprihatinannya akan wabah candu dan kesehatan. Bagi Nila, isi surat Kartini sangat relevan dengan kondisi saat ini. “Saya melihat sosok Kartini, ternyata apa yang dipikirkannya kala itu sedang terjadi saat ini,” tuturnya sesat setelah membacakan surat.

Untuk itu, menurut Nila, surat ini adalah bentuk peringatan untuk semua orang, bahwa yang paling penting adalah kita semua harus memiliki jati diri bangsa. “Saya mengingatkan kepada para pemuda untuk selalu memiliki jati diri bangsa. Kehidupan kalian masih panjang dan masih banyak hal yang bisa dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Maudy Ayunda membacakan surat Kartini untuk Nyonya Abendanon Mandri yang ditulis Kartini pada 1902. Dan Rosmayana Hadi membacakan surat Kartini untuk Stella Zeehandelaar, seorang feminis Belanda yang radikal. Ia dikenalkan kepada Kartini oleh redaksi majalah De Hollandesche Lellie. Usia Stella lima tahun lebih tua dari Kartini.

Setelah ketiganya usai membacakan surat, Nila dikejutkan dengan ucapan selamat ulang tahun dari panitia acara dan seluruh penonton. Nila hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke 67 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro