Cerita Daerah Potensial Diangkat ke Layar Lebar

Silariang The Movie direncakan akan rilis pada tahun ini. Lokasi syuting di Rammang-rammang, Maros, Sulawesi Selatan menjadi tantangan yang dihadapi para kru film tersebut selama proses syuting.
Dika Irawan | 15 April 2017 10:26 WIB
Film Silariang - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -- Silariang The Movie direncakan akan rilis pada tahun ini. Lokasi syuting di Rammang-rammang, Maros, Sulawesi Selatan menjadi tantangan yang dihadapi para kru film tersebut selama proses syuting.

"Soal akses lokasi itu juga menjadi tantangan kami ketika menggarap film ini. Kami syuting di Makassar, lampu saja tidak ada. Semua perlatan-peralatan pendukung mesti dibawa dari Jakarta. Kemudian kita juga syuting di lokasi yang tidak mudah yaitu di Rammang-rammang, Maros. Akses ke sana lewat rawa-rawa. Kami harus membawa peralatan yang beratnya setengah ton," ujar Produser FIlm Ichwan Persada, Sabtu (15/4/2017).

Ichwan mengatakan melalui film ini pihaknya juga ingin angkat keindahan alam di sana. Meski mungkin sebagian orang banyak orang tahu, imbuhnya, tetapi tempat ini belum banyak diangkat di film-film. "Kami benar-benar eksplore keindahan alamnya. Biar supaya orang tahu, ada surga tersembunyi di sana."

Dia bersyukur karena penduduk setempat mendukung adanya kegiatan perfilman di tempatnya. Lantaran kami harus menginap, Ichwan bersama kru filnya jauh-jauh hari berkoordinasi dengan penduduk setempat. "Kami juga banyak dibantu masyarakat setempat. Sayangnya, dari pihak pemerintah kabupaten justru tidak ada."

Padahal, menurut dia secara tidak langsung film ini mempromosikan wilayah mereka. Oleh sebab itu dia berharap Pemerintah betul-betul memberikan akses untuk mempermudah pengembangan film-film di daerah. "Buat saya pribadi, film-film yang mengangkat cerita lokal sangat penting untuk pengembangan potensi lokal. Sebab ceritanya bukan mengisahkan perjalanan orang Jakarta ke suatu daerah. Tetapi daerah itu sendiri yang diangkat."

Tag : film
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top