Cryotherapy, Rahasia Kebugaran Selebritas Dunia

Pernahkah Anda mendengar tentang cryotherapy?
Wike Dita Herlinda | 21 April 2017 00:38 WIB
Cryotherapy - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar tentang cryotherapy?

Cryotherapy sebenarnya bukan sesuatu yang asing lagi. Perawatan ini sudah digunakan oleh bintang Hollywood dan atlet profesional di seluruh dunia.

Nama-nama terkenal seperti Christiano Ronaldo dan Floyd Mayweather sering menggunakan cryotherapy sebagai metode pemulihan yang lebih cepat selama masa pelatihan.

Selain itu,  selebritas internasional seperti Demi Moore, Jessica Alba, dan Daniel Craig juga memasukkan cryotherapy sebagai salah satu rutinitas mereka dalam menjaga kecantikan dan kesehatan.

Bagi yang belum familiar, cryotherapy merupakan teknik perawatan noninvasif yang telah terbukti secara klinis bermanfaat untuk kecantikan, kesehatan, dan menunjang performa atlet. 

Perawatan ini dilakukan dengan cara memaparkan kulit terhadap gas nitrogen dingin hingga minus 20 derajat celcius untuk memicu respons alami dari tubuh.

Manfaat dari perawatan ini meliputi peningkatan produksi kolagen, penurunan berat badan, meningkatkan level energi dan metabolism tubuh, menguatkan sistem imun, memperbaiki sirkulasi darah, serta mengurangi peradangan.

Di Asia, penyebaran tren cryotherapy memang belum masif. Namun, beberapa penyedia jasa terapi ini mulai menjajaki pangsa pasar Asia. Salah satunya adalah Polaris, yang memperkenalkan terapi ini di Hong Kong, Kuala Lumpur, dan Dubai.

Pada Mei, Polaris Cryotherapy akan membuka cabang pertamanya di Jakarta.

“Kami akan membawa inovasi terbaru teknologi perawatan kecantikan dan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” papar mereka dalam siaran persnya yang dilansir Kamis (20/4/2017).

Polaris cryotherapy centre merupakan pusat cryotherapy pertama di Asia yang berpusat di Hong Kong dan menawarkan empat  perawatan utama yaitu: whole body cryotherapy, cryotherapy lokal, cryo facial dan cryo lipo.

Selama sesi whole body cryotherapy, cryo cabin akan diisi dengan gas nitrogen kering secara perlahan dengan pola yang terkontrol untuk menutupi seluruh tubuh (kecuali kepala) selama tiga menit dan mencapai suhu -90°C hingga -120°C.

Sesi cryotherapy lokal dan cryo facial melibatkan penggunaan gas nitrogen kering dingin yang dilepaskan ke target area tubuh secara spesifik yang aman untuk digunakan.

Salah satu hal yang menarik dari perawatan ini, suhu dingin tersebut akan memicu respons fight-or-flight tubuh, menstimulasi sirkulasi darah dan meningkatkan supply oksigen dan nutrisi ke area-area tubuh yang membutuhkan, serta merangsang hormon endorphin untuk menghilangkan stress dan meningkatkan level energi.

Dalam satu kali sesi yang berdurasi 3 menit saja, perawatan ini dapat membakar 800 kalori  yang setara dengan  2 jam di treadmill,   sehingga cocok untuk membantu proses diet dan penurunan berat badan.

Dengan manfaat utama anti-aging di setiap perawatannya, penurunan berat badan, kesehatan dan kebugaran, juga penanganan rasa nyeri dan pemulihan otot, cryotherapy dapat menjadi rutinitas regular untuk menunjang kesehatan masyarakat Indonesia.

Terapi ini sangat cocok diterapkan pada empat tipe konsumen. Pertama, individu dengan keluhan rasa nyeri sendi, kaku otot, dan kelelahan. Kedua,masyarakat urban aktif yang menginginkan perawatan antipenuaan agar terus tampil muda.

Ketiga, atlet yang menginginkan masa pemulihan cepat guna menunjang performa yang optimal. Keempat, individu yang aktif dengan pola tidur yang tidak teratur serta mudah letih dan lesu.

 

Tag : kesehatan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top