Ilustrasi kehamilan/
Health

Kebiasaan Ini Bisa Bikin Perempuan Sulit Hamil

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Mei 2017 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda seorang perempuan yang sedang mencoba untuk hamil, ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa mempersulit merealisasikannya

Kebiasaan ini juga banyak dianggap sepele dan dinilai tidak berdampak banyak dari rencana hamil Anda.

Tapi, tahukah Anda jika Anda menonton TV sampai larut malam, main ponsel Anda sampai larut malam, dan Anda membiarkan lampu tidur menyala sepanjang malam bisa membuat Anda sulit hamil?

Sumber cahaya secara drastis dapat mengurangi kemungkinan hamil, kata periset. Berikut adalah rincian lebih lanjut tentang penelitian ini.

Fakta # 1
Sebuah studi di Jepang memperingatkan bahwa paparan cahaya buatan itu buruk buat tubuh manusia. Jika mata atau tubuh Anda terpapar cahaya dari gadget di malam hari, itu bisa mengurangi tingkat kesuburan Anda

Fakta # 2
Fakta ini ditemukan dalam sebuah studi dengan percobaan seekor tikus. Saat tikus betina terkena cahaya buatan pada malam hari, mereka menderita infertilitas.Efek ini terlihat terutama pada tikus yang berada paruh baya

Fakta # 3
Adakah hubungan antara kesuburan dan cahaya? Cahaya buatan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh.

Fakta # 4
Dari pola tidur hingga siklus haid, jam tubuh perlu mengatur fungsi tertentu. Melatonin memiliki peran dalam keseluruhan proses ini.

Fakta # 5
Saat hari mulai gelap, otak Anda mendapat sinyal pelaton melatonin untuk membuat Anda merasa mengantuk. Saat Anda mengisi ruang dengan cahaya buatan, siklus tidur Anda akan terganggu karena cukup banyak melatonin yang tidak disekresikan.

Fakta # 6
Selain itu, kadar melatonin juga mempengaruhi hormon reproduksi (progesteron dan estrogen). Inilah hubungan antara cahaya dan kesuburan.

Fakta # 7
Meskipun penelitian tikus telah mengkonfirmasi hal ini, para periset mengatakan bahwa hasilnya berlaku untuk manusia juga. Dan wanita yang berada di atas 35 harus berhati-hati dengan sumber cahaya buatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro