Anak-anak bermain gadget/Istimewa
Health

Aroma Rosemary Bisa Tingkatkan Daya Ingat Anak?

Nindya Aldila
Sabtu, 13 Mei 2017 - 15:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa eksposur dari aroma minyak beraroma rosmarin atau rosemary akan meningkatkan daya ingat anak-anak.

Dikutip dari Sciencedaily, penelitian ini diusung oleh peneliti British Psychological Society Annual Conference di Brighton dari Northumbria University, Mark Moss dan Victoria Earle.

Mark Moss mengatakan studi sebelumnya menunjukkan aroma esensial dari rosmarin dapat meningkatkan kemampuan kognitif bagi orang dewasa. Hal tersebut mendorong Moss untuk menguji apakah efek serupa akan memengaruhi anak-anak.

Penelitian tersebut melibatkan 40 anak berumur 10 - 11 tahun yang tergabung dalam kelas. Anak-anak ditugaskan untuk masuk ke beberapa ruangan yang secara acak diberi aroma rosmarin selama 10 menit dan ruangan tanpa aroma.

Setiap anak diintruksikan untuk duduk berhadapan dengan peneliti, lalu diberikan permainan mengingat kata. Hasil analisis menunjukkan bahwa anak-anak yang berada dalam ruangan beraroma mendapatkan nilai ingatan yang lebih tinggi dibanding anak-anak yang berada dalam ruangan tanpa intervensi aroma.

“Efek rosmarin sebenarnya masih diperdebatkan. Bisa saja aroma tersebut akibat dari aktivitas elektrik pada otak atau senyawa aktif yang secara farmakologis bisa terserap saat orang dewasa terpapar [aroma]. Kami menyadari bahwa daya ingat yang lemah juga berhubungan dengan performa akademis seseorang,” ujarnya.

Namun, tidak ada salahnya mencoba penemuan ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan performa akademik anak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro