Memeriksa tekanan darah. Ilustrasi/Wowamazing
Health

Awas, Hipertensi Picu Penyakit Mematikan

Nurudin Abdullah
Rabu, 17 Mei 2017 - 11:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi the silent killer karena memicu terjadinya berbagai penyakit yang berhubungan dengan otak seperti stroke dan jantung,

Arieska Ann Soenarta, dokter spesialis jantung, mengatakan hipertensi dikenal sebagai the silent killer karena gejalanya sering tidak disadari, sebagai penyakit mematikan seperti stroke, serta masalah jantung dan pembuluh darah.

“Tidak hanya itu, hipertensi merupakan faktor risiko utama dari stroke dan menjadi penyebab turunnya kognitif dan demensia,” katanya, Rabu (17/5/2017).

Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum di masyarakat bahwa ada hubungan linier antara tekanan darah dengan tingkat kematian, misalnya akibat stroke.

Dia menjelaskan memang semakin tua usia seseorang, wajar apabila tekanan darahnya meningkat dan peningkatan itu juga bisa terjadi pada saat kehamilan.

Sebab, hormon estrogen memegang peranan penting dalam penaikan tekanan darah pada fase menopause yang juga menyebabkan hormon estrogen menurun, sehingga risiko hipertensi pun meningkat.

Sedangkan ketika seorang perempuan berhenti menstruasi, lanjutnya, hormon estrogennya akan menurun secara signifikan. Hal ini dapat merusak sel endotel yang memicu plak di pembuluh darah.

“Plak di pembuluh darah dapat memicu tekanan darah tinggi yang menyebabkan penyakit kardiovaskular (cardio vascular disease/CVD) dan bahkan stroke,” ujarnya pada acara peringatan Hari Hipertensi Dunia pada 17 Mei 2017 yang digelar Philips HealthTech Indonesia.

Arieska mengungkapkan, bagi pria, penurunan hormon tidak terlalu berdampak pada risiko hipertensi, kecuali bila disertai dengan gaya hidup yang tidak sehat, antara lain merokok atau obesitas.

Dia juga mengingatkan, bahwa hipertensi tetap menjadi faktor risiko utama yang menyebabkan cardio cerebro vascular disease (CCVD) atau penyebab kematian baik bagi pria maupun wanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro