Djarot Saiful Hidayat dan istri Happy Farida membesuk artis Julia Perez (Jupe) yang sakit kanker serviks dan dirawat di RSCM/twitter
Health

Perempuan Dihimbau Deteksi Kanker Serviks

Newswire
Minggu, 21 Mei 2017 - 04:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Barat Eddy Sulistijanto Hadie mengimbau perempuan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks dengan inspeksi visual asetat (IVA) dan pap smear.

Menurut dia, perempuan masih enggan untuk melakukan deteksi dini, padahal semakin cepat teridentifikasi, semakin cepat pula penanganannya.

"Masalahnya perempuan ketika dikasih tahu mau, tetapi saat diperiksa tidak datang. Saya lihat masih rendah kesadarannya, masyarakat Indonesia ini takut tahu kalau punya penyakit padahal kalau teridentifikasi dini makin baik," tutur Eddy, di Jakarta, Sabtu (20/5/2017).

Meskipun mengetahui bahaya kanker serviks, penyadaran pentingnya deteksi dini dinilainya masih susah.

Padahal untuk Jakarta Barat, warga dapat melakukan IVA di seluruh puskesmas kecamatan, sementara pap smear dapat dilakukan di Laboratorium Klinik Kimia Farma Kebayoran Lama, Laboratorium Klinik Prodia Kedoya, Laboratorium Klinik Bio Prima dan RS Bhakti Mulia.

"Untuk pap smear di empat klinik itu. Kalau IVA di semua puskesmas kecamatan bisa. IVA lebih cepat langsung ketemu potensi, kalau pap smear butuh waktu," kata Eddy.

Persyaratan untuk melakukan deteksi dini di antaranya telah menikah atau aktif secara seksual, belum pernah melakukan pap smear dan IVA dalam jangka waktu satu tahun terakhir, tidak sedang hamil, tidak swdang haid dan 48 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual.

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah kanker yang muncul di sel-sel serviks, yakni bagian bawah uterus yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita.

The American Cancer Society memperkirakan terdapat belasan ribu penderita baru dan lebih dari lima ribu wanita akan meninggal karena kanker serviks pada tahun depan.

Perempuan berbagai usia yang sudah pernah melakukan hubungan seksual memiliki risiko mengalami kanker serviks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro