Ilustrasi bayi baru lahir/Istimewa
Health

Ibu Hamil yang Kekurangan Gizi Bisa Sebabkan Berat Bayi Rendah

Rezza Aji Pratama
Senin, 22 Mei 2017 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Para ibu hamil perlu menyadari pentingnya kekurangan gizi pada masa kehamilan karena bisa menyebabkan berat badan lahir rendah (BBLR).

Taufik Jamaan, dokter spesialis obstetri dan ginekologi menuturkan BBLR mencerminkan hasil perkembangan janin dan kecukupan gizi janin selama dalam kandungan. Bayi dikatakan BBLR jika berat lahirnya kurang dari 2.500 gram. Dampak BBLR membuat organ tubuh bayi dan fungsinya kurang sempurna, pertumbuhan lamban, kemampuan kecerdasan yang kurang, serta potensi bayi mengalami gangguan mental, fisik dan kesehatan.

“BBLR tidak hanya mempengaruhi kondisi bayi saat dilahirkan tetapi juga kesehatan bahkan kelangsungan hidupnya di masa depan,” ujarnya, Senin (22/5).

Data Riskesdas 2013 menunjukkan satu dari dua ibu hamil di Indonesia tidak tercukupi kebutuhan gizinya. Padahal, gizi selama kehamilan menjadi salah satu faktor penting untuk kualitas fisik dan kecerdasan anak di masa depan. Kembali merujuk Riskesdas 2013, persentase balita usia 0-59 bulan dengan BBLR mencapai 10,2%.

Kecukupan energi dan zat besi yang baik selama kehamilan dapat bantu mencegah BBLR. Ibu hamil membutuhkan asupan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro seperti energi dan protein berperan penting dalam proses metabolisme tubuh serta pembentukan plasenta dan organ janin. Sedangkan zat gizi mikro terutama zat besi, asam folat, asam lemak Omega 6 & 3, DHA, kalsium, vitamin dan serat, menjamin kehamilan yang sehat dan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro