Maxime Zecchini/Serenade Magazine
Show

Jangan Lewatkan Konser Resital Piano Maxime Zecchini!

Dika Irawan
Rabu, 24 Mei 2017 - 23:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar resital piano Maxime Zecchini pada 26 Mei di Auditorium IFI Jakarta.

Resital piano yang menampilkan repertoar tangan kiri dan dua tangan tersebut juga digelar di Griya Musik Denpasar pada 23 Mei, Auditorium IFI Jogjakarta 24 Mei, dan Auditorium IFI Bandung 27 Mei.

Maxime Zecchini telah merilis enam dari 10 album Anthology yang berisi repertoar untuk tangan kiri di bawah label rekaman Advitam Records dan distributor internasional Harmonia Mundi.

“Ide untuk mengeksplorasi repertoar tangan kiri muncul beberapa tahun lalu ketika saya mempelajari Concerto pour la Main Gauche karya Maurice Ravel. Komposisi yang dibuat untuk satu tangan itu terdengar seperti dimainkan dengan dua tangan,” ujarnya dalam siaran pers pada Rabu (24/5/2017).

“Secara teknis memang menantang, namun dengan positioning yang tepat, keluwesan alamiah dan keluasan nada-nada rendah piano, kita bisa membunyikan piano bagai sebuah orkestra!” lanjutnya,

2017 bagi Zecchini adalah tahun yang sibuk, penuh konser di Eropa, Asia, dan Afrika serta menyelesaikan album Anthology.

Terkait dengan tur konser di Indonesia, Zecchini akan mempersembahkan kombinasi repertoar tangan kiri dan dua tangan.

“Konser saya di Indonesia akan penuh kejutan. Selain repertoar klasik seperti Chopin dan Mozart, saya juga akan membawakan lagu-lagu populer Prancis dan Indonesia.! Semoga penikmat musik di Indonesia antusias,” paparnya.

Lahir di Paris pada 1979, Maxime Zecchini memulai pendidikan musiknya di Conservatoire National Superieur de Musique Lyon, Prancis, di bawah bimbingan Gery Moutier dan Danicle Renault-Fasquelle.

Pada 2001 dia meraih ijazah nasional dengan nilai tertinggi yang membawanya masuk kelas mahir di Conservatoire National Superieur de Musique Paris di bawah bimbingan Jean-Francois Heisser.

Zecchini, pianis Prancis pertama yang meraih gelar dari Incontri col Maestro Academy di Imola, Italia, telah meraih sejumlah gelar juara antara lain Juara I Kompetisi Piano Internasional di Arcachon, Prancis tahun 2000, juara I Kompetisi Forum de Normandie dan Kompetisi Ragusa-Ibla, Sisilia 2002, serta juara I Kompetisi Internasional Varenna, Lake Como, Italia pada tahun 2003. Ia juga salah satu pianis dunia yang mendapat penghargaan Cziffra Foundation Prize.

Selain menggelar konser di berbagai negara, sang musisi eklektik itu juga mengaransemen musik untuk program televisi dan menyutradai berbagai pentas teater musikal.

Dia pernah tampil bersama soprano Broadway legendaris Julia Migenes dan menggelar sanggar kerja bersama aktris Prancis peraih Aktris Terbaik Festival Film Cannes 1980 dan César Award 2002, Anouk Aimlee.

Jangan lewatkan konser resital piano Maxime Zecchini di IFI Thamrin, Jumat 26 Mei pukul 19.00 WIB!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro