Ilustrasi/e-learningforkids.org
Health

Ajarkan Anak Gunakan Gestur untuk Menjelaskan Imajinasinya

Nindya Aldila
Jumat, 26 Mei 2017 - 02:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gestur dikenal sebagai cara berkomunikasi non verbal menggunakan bahasa tubuh berupa gerakan tangan. Banyak psikolog mempercayai bahwa gestur bisa menunjukkan karakteristik seseorang. Selain itu, gestur juga bermanfaat untuk memunculkan ide kreatif bagi anak.

Riset yang dilakukan oleh Asosiasi Ilmu Psikologi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mendorong anak-anak untuk menggunakan bahasa tubuh atau gestur dapat meingkatkan kreativitas mereka.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa anak-anak secara alami menggunakan isyarat ketika menggambarkan sesuatu. Ketika kita menyuruh anak-anak untuk menggunakan tangannya, maka akan semakin banyak ide kreatif yang muncul,” ujar Elizabeth Kirk dari University of York.

Penelitian sebelumnya bahkan telah menunjukkan bahwa gestur dapat bermanfaat dalam proses pemecahan masalah. Menurutnya, gestur dapat bermanfaat dalam mengeksplorasi karakteristik suatu benda, seperti ukurannya, bentuknya, cara penggunaannya, dan lainnya yang bisa merangsang ide kreatif.

Kirk mengatakan anak-anak perlu didorong untuk menjelaskan imajinasinya dengan menggunakan gestur agar dapat melatih ide kreatif anak.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa dengan mendemonstrasikan objek dengan gestur memfasilitasi cara berpikir dan bermanfaat bagi anak terutama saat di kelas. Mintalah anak untuk menggerakkan tangannya sehingga mereka bisa memunculkan ide-ide,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro