Band Gigi meluncurkan album religi/JIBI-Duwi Setiya Ariyanti
Musik

Merindukan Lagu Religi yang Penuh Makna

Ramdha Mawaddha
Selasa, 30 Mei 2017 - 00:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAMomentum Ramadan menjadi waktu yang tepat bagi musisi untuk melansir album ataupun lagu religi. Tak hanya musisi yang memang beraliran religi, penyanyi atau grup band pop bahkan dangdut pun berlomba membuat lagu bertema ketuhanan.  

Pengamat musik, Idhar Resmadi mengatakan, munculnya musik-musik religi dikarenakan momentum dan pasar. Karena momen terebut, musik religi tak hanya sekadar didengarkan lewat lagu tapi bisa menjadi soundtrack sinetron, talkshow televisi, dakwah, hingga tur konser.

Akhirnya, kata Idhar, akhirnya musik religi muncul secara musiman. Bahkan menurutnya, kebanyakan yang muncul justru band pop yang mengemas musik dan lirik lagu menjadi religi.

“Musik seperti itu yang kemudian muncul di televisi. Bukan musik religi yang hadir dalam tradisi pesantren semisal nasyid atau qasidah yang banyak melantunkan shalawat,” kata Idhar beberapa waktu lalu kepada Bisnis.

Akhirnya, menurut Idhar, berakibat pada kualitas lagu yang muncul akhirnya musik pop dan standar. Sangat berbeda dengan yang dilakukan grup musik Bimbo yang mengemas lagu religi dengan puisi Taufiq Ismail. Sehingga, musik dan lirik lagunya dipikirkan secara matang dan penuh makna. “Kalau sekarang saya belum melihat band yang mampu mengemas kesan religi, tapi juga bisa lepas dari unsur pop yang dangkal itu,” jelas Idhar.

Dari sisi pasar, menurut Idhar, Indonesia termasuk negara muslim terbesar di Indonesia, sehingga pasarnya cukup besar. Selain aksi panggung, lagu-lagu religi juga banyak dimainkan oleh masyarakat saat ngabuburit atau sahur on the road yang merupakan tradisi komunal masyarakat indonesia secara turun temurun.

“Saya sih merindukan musik religi yang lebih bisa muncul dari tradisi pesantren yang kuat seperti grup musik nasida ria yang kini tampak lagi ramai di anak muda,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro