Kakawin Sutasoma/Indonesia Space Research
Show

Kitab Inspirasi Bhinneka Tunggal Ika karya Mpu Tantular Dipamerkan di Museum Nasional

Dika Irawan
Senin, 5 Juni 2017 - 22:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran Lahirnya Pancasila di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, pada 2 hingga 15 Juni menghadirkan Kakawin Sutasoma atau Kitab Sutasoma asli karya Mpu Tantular yang menjadi sumber inspirasi dirumuskannya Bhinneka Tunggal Ika.

Dikutip dari Kemdikbud.go.id pada Senin (5/6/2017), Kakawin Sutasoma yang dipamerkan merupakan naskah kuno asli koleksi Perpustakaan Nasional.

Dalam pameran yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, pengunjung bisa melihat Kakawin Sutasoma secara langsung di sebuah display pameran.

Kakawin Sutasoma ditulis ditulis pada tahun 1851 dengan menggunakan aksara Bali, namun berbahasa Jawa Kuno, dengan bahan naskah terbuat dari daun lontar. Kitab berukuran 40,5 x 3,5 cm itu menjadi salah satu koleksi yang menjadi perhatian banyak pengunjung di Pameran Lahirnya Pancasila.

Kakawin Sutasoma merupakan kitab yang dikutip oleh pendiri bangsa Indonesia dalam merumuskan semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam sebuah teks yang tercantum di Kakawin Sutasoma, dikatakan Buddha dan Siwa berbeda, tetapi dapat dikenali, sebab kebenaran Buddha dan Siwa adalah tunggal. Berbeda tetapi tunggal, sebab tidak ada kebenaran yang mendua.

Kutipan frase Bhinneka Tunggal Ika terdapat pada pupuh 139 bait 5, yang petikannya sebagai berikut: “Rwaneka dhatu winuwus Buddha Wiswa Bhinneki rakwa ring apan kena parwanosen, Mangka ng Jinatwa kalawan Siwatatwa tunggal, Bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa”.

Artinya adalah “Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang berbeda. Mereka memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali? Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal. Terpecahbelahlah itu, tetapi satu jugalah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

Selain Kakawin Sutasoma, Pameran Lahirnya Pancasila juga memamerkan berbagai benda-benda bersejarah dan arsip sejarah lain yang berkaitan dengan lahirnya Pancasila.

Kemendikbud menggandeng Perpustakaan Nasional, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Gerakan Nasional CInta Tanah Air (Genta).

Koleksi dokumen ANRI yang berkaitan dengan kelahiran Pancasila antara lain dokumen agenda sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), susunan acara BPUPKI, foto anggota BPUPKI, dan buku-buku sejarah tentang Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro