Pameran lukisan./
Show

Ini Prinsip Sudjojono Dalam Berkarya

Dika Irawan
Kamis, 8 Juni 2017 - 06:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semasa hidupnya, sebagai seniman maestro lukis Indonesia S. Sudjojono memiliki sejumlah prinsip hidup yang terus dipegangnya. Kejujuran adalah salah satu prinsip yang terus dipraktikkan Sudjojono dalam berkarya.

Kurator Bentara Budaya Jakarta Ipong Purnama Sidhi menuturkan, Pak Jon – sapaan akrab Sudjojono – menekenakan kepada seniman untuk selalu jujur. Buat Sudjojono, seniman itu tidak boleh berpura-pura dalam menciptakan karya.

“Sebab kalau pura-pura hasilnya akan artifisial,” ujarnya dalam jumpa pers pameran sketsa Sudjojono bertaju Hidup Mengalun Dendang di Bentara Budaya Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Prinsip berikutnya, ujar Ipong, adalah prinsip keberanian. Ipong mengatakan, Sudjojono dikenal berani menentang Belanda yang menganggap seni rupa Indonesia bergantung pada barat. Sudjojono, tambah Ipong, memiliki argumen bahwa secara teknis seni rupa Indonesia belajar dari barat. Tetapi untuk konten dan tema seni rupa Indonesia memiliki sendiri.

“Prinsip berikutnya adalah kebenaran. Bagi Pak Sudjojono seniman itu harus berpegang pada kebenaran. Beliau selalu menekankan setiap membuat karya harus menampakkan identitas diri,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama hidupnya Sudjojono tidak hanya piawai melukis. Namun Bapak Seni Rupa Modern Indonesia itu juga mehir menulis dan membuat patung hingga pemikir. “Nampaknya beliau ini jadi panutan seniman selanjutnya,” ujarnya.

Sementara itu sedang berlangsung pameran sketsa-sketsa karya Sudjojono di Bentara Budaya Jakarta. Pameran tersebut menyajikan sketsa-sketsa sang seniman dengan berbagai tema. Mulai dari Sultan Agung, Pangeran Diponegoro hingga arsitektur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro