T. Sutanto /Instagram @Dia.Lo.Gue
Show

Karya Grafis T. Sutanto Dipamerkan di Dia.Lo.Gue Artspace

Dika Irawan
Selasa, 13 Juni 2017 - 03:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mengusung tema Berselingkuh Dengan Masa Lalu, Berkencan Dengan Masa Depan, pameran seni grafis T. Sutanto digelar di Dia.Lo.Gue, Kemang Selatan pada 14 Juni hingga 14 Juli mendatang.

Dikutip dari akun Instagramnya, Senin (12/6/2017), pihak Dia.Lo.Gue Artspace menyatakan pameran ini menampilkan karya-karya cetakan serigrafi atau silkscreen T. Sutanto.

"Serigrafi juga mengidentifikasi karier artistik Sutanto pada periode DECENTA, sebuah biro desain ada di Bandung sejak 1973 sampai 1983. DECENTA telah dikenal untuk eksplorasi kelompok menggunakan silkscreen sebagai media, sehingga memulai perluasan apresiasi terhadap seni grafis di Indonesia."

DECENTA adalah perusahaan desain yang didirikan pada tahun 1973 oleh Adri Palar, A.D. Pirous, G. Sidharta, Sunaryo, T. Sutanto dan Priyanto Sunarto. Selain mengeksplorasi elemen dekoratif yang dicetaknya, Sutanto juga mengadopsi bentuk figur dari cerita rakyat Indonesia dan ikon populer. Di samping garis sebagai elemen utama, serigrafi Sutanto juga terdiri dari potongan gambar yang bervariasi, dan penggunaan warna yang kaya.

Karya seninya sering menghasilkan makna yang menyenangkan, tidak masuk akal, dan sureal, yang mewakili jalur artistiknya yang juga menjadi alternatif kecenderungan lirik pada tahun 1970an seni rupa Indonesia dan bentuk aspirasi politik yang khas pada masa Orde Baru," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro