Adele/Reuters
Musik

Persyaratan Album Grammy Diperlonggar

Newswire
Kamis, 15 Juni 2017 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penghargaan Album Grammy tahun ini atau "Grammy for Album of the Year" akan memiliki persyaratan yang lebih longgar agar lebih banyak karya musik klasik dan jazz bisa bersaing.

Recording Academy, grup profesional musik yang memberikan suara dalam penghargaan itu, mengumumkan perubahan tersebut pada Rabu (14/6/2017) sebelum proses nominasi dimulai untuk Grammy ke-60, yang akan digelar pada 28 Januari.

Di bawah aturan sebelumnya, akademi memilih Album of the Year di antara karya yang dirilis pada tahun kualifikasi dengan durasi sedikitnya 15 menit dan lima lagu berbeda atau lebih.

Dalam revisinya, Recording Academy mencabut syarat lima lagu jika albumnya berdurasi 30 menit atau lebih.

"Ekspansi definisi tersebut memungkinkan inklusi lebih besar bagi pencipta musik yang memproduksi karya yang lebih panjang, khususnya dalam musik klasik, dance dan jazz," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dalam praktiknya, artis-artis pop dan rock mendominasi kategori sejak 1960-an. Dua pemenang terakhir Album of the Year dua-duanya berasal dari hasil produksi dapur rekaman komersil besar; -- Adele "25" (2017) dan Taylor Swift "1989" (2016).

Legenda jazz Herbie Hancock pernah menang di 2008 , tapi itu untuk album cover lagu-lagu penyanyi folk-pop Joni Mitchell, demikian AFP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro