Pemudik bersepeda motor melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (18/6)./Antara-Oky Lukmansyah
Health

Menkes: Hindari Konsumsi Obat Pemicu Kantuk Kala Mudik

Thomas Mola
Senin, 19 Juni 2017 - 21:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengimbau pemudik untuk menjaga kesehatan ketika mudik, menghindari konsumsi obat yang membuat kantuk, dan minuman beralkohol.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar kalaupun kesiapan kami sudah, tapi masyarakat harus menyadari penting menjaga kondisi dirinya. Jika lelah istirahatlah dan jangan meminum obat yang membuat ngantuk dan minuman beralkohol," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/6/2017).

Nila mengklaim pelayanan kesehatan baik rumah sakit, puskesmas, maupun pos kesehatan di jalur perlintasan mudik sudah siap. Pemudik diimbau tetap menjaga kesehatan untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan.

Dia mengingatkan agar pemudik juga menyempatkan diri untuk istirahat setiap 4 jam. Dinas Kesehatan, paparnya, harus menyediakan pemeriksaan darah. Di setiap pos kesehatan harus ada ambulans roda empat dan roda dua. Selain itu 119 sangat penting untuk koordinasi rumah sakit terdekat bilamana ada yang sakit darurat.

"Misalnya kalau tensinya tinggi ya turunkan dulu, istirahat dulu jangan maksa. Semuanya kita siapkan," imbuhnya.

Nila juga meminta setiap pos kesehatan agar memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pasien. Selain itu, toko-toko juga diminta untuk tidak menjual minuman beralkohol.

"Walaupun ada bir 0%, kalau saya tidak setuju dan ditarik saja. Bukannya apa-apa tapi buat keselamatan. Mereka mampir ke sini [rest area] untuk perjalanan jauh," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro