Garin Nugroho/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Entertainment

Opera Jawa Tayang di Jerman

Rio Sandy Pradana
Minggu, 25 Juni 2017 - 22:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Frankfurt bekerja sama dengan Deutsches Filmmuseum mengadakan pemutaran film Opera Jawa karya Garin Nugroho.

Laman Kementerian Luar Negeri melaporkan, Minggu (25/6/2017), hal tersebut merupakan kali pertama film Opera Jawa ditayangkan di layar lebar Jerman. Pemutaran film mendapatkan sambutan yang baik dari pemerhati film, diaspora maupun warga negara Jerman di Frankfurt dan sekitarnya.

Sebelum pemutaran film dimulai, Stefanie Plappert, kurator film dari Deutsches Filminstitut, memberikan pengantar singkat tentang film Opera Jawa. Stefanie Plappert menjelaskan bahwa Karakter yang muncul dalam film merupakan cerminan tokoh-tokoh dalam epos Ramayana (Rama, Sintha dan Rahwana).

Vanessa von Gliszczynski, kurator dari Weltmuseum Frankfurt, menjelaskan dalam film ini ditampilkan warna-warna dan corak kain batik yang menggambarkan karakter tokoh-tokoh dalam film.

Film ini berkaitan erat dengan pameran "Rote Faden" (Benang Merah) yang diselenggarakan pada 16 November 2016 sampai 27 Agustus 2017 di Weltkulturen Museum di Frankfurt. Dalam pameran ini ditampilkan beberapa kain tradisional Indonesia seperti kain batik dan ikat, serta cara pembuatannya yang penuh makna sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro