Kulit wajah sehat dan bebas jerawat/Istimewa
Fashion

Begini Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Nindya Aldila
Senin, 26 Juni 2017 - 16:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sudah rajin mencuci muka tetapi wajah tetap berjerawat? Bisa jadi, ada kesalahan saat Anda melakukan cuci muka.

Dokter spesialis kulit Melyawati Hermawan mengatakan mencuci muka adalah kegiatan yang sangat penting sebagai langkah membersihkan muka dari kotoran dan debu yang dapat menimbulkan jerawat dan kulit yang kusam. Oleh karena sel kulit muka jauh lebih kecil dan tipis, maka diperlukan perawatan yang berbeda pada bagian wajah.

Namun, beberapa orang masih keliru dalam mencuci muka. Melly membagikan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mencuci wajah.

Pertama, jangan terlalu sering mencuci muka. Menurut Melly, kebanyakan orang berpikir bahwa semakin sering mencuci maka akan semakin bersih dan memberikan efek kesat yang bebas dari minyak. Namun, sebenarnya kesat bukan berarti bersih, tetapi dapat memicu kulit menjadi kering.

"Dengan mencuci muka terlalu sering, bisa jadi sel-sel di wajah akan memproduksi minyak lebih banyak lagi sehingga malah akan memperparah produksi minyak di wajah dan menimbulkan jerawat," katanya

Kedua, jangan membersihkan muka dengan kasar. Buatlah busa di tangan, bukan di muka karena busalah yang akan membersihkan kotoran di wajah.

Ketiga, pilihlah sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda. Jika Anda ingin mengganti sabun muka, Anda boleh langsung menggantinya tanpa perlu menunggu beberapa waktu untuk kulit beradaptasi. Semakin cepat masalah kulit diatasi, semakin baik.

Keempat, sebaiknya jangan gunakan sabun batangan karena dikhawatirkan tidak higienis. Pakailah sabun khusus muka atau sabun yang tidak mengandung pH terlalu tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Ratna Ariyanti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro