Bayi/Istmewa
Health

Perlengkapan Bayi yang Perlu Disiapkan Saat Mudik

Nindya Aldila
Senin, 26 Juni 2017 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang tengah melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama ketika mengajak anak usia balita. Tak hanya menyiapkan pakaian dan makanan kesukaan, keamanan saat berkendara merupakan hal yang sering dilupakan.

Perlengkapan mudik anak-anak bisa jadi lebih banyak ketimbang orang dewasa. Namun, jangan bingung. Asal Anda mempersiapkannya dengan baik, mudik nyaman, orang tua pun senang.

Berikut tip yang diberikan Mothercare Baby Expert Dewi Nopiyanti tentang perlengkapan bayi di bawah 6 bulan yang diperlukan saat melakukan perjalanan jauh.

Pertama, infant carrier atau kereta bayi. Pilihlah kereta bayi yang bisa juga digunakan sebagai car seat. Perangkat itu biasanya digunakan untuk berat bayi maksimal 10 kg dengan umur di bawah 10 bulan. Ingat, menggunakan car seat juga penting karena seat belt yang ada di mobil tidak didesain untuk anak-anak.

Kedua, changing bag yaitu tas untuk menyimpan perlengkapan baju, popok, dot, dan lainnya. Pilihlah tas yang multi guna sehingga bisa dipakai untuk menyimpan beberapa macam barang.

Ketiga, selimut. Pilihlah selimut yang tidak terlalu besar. Ukuran standar yang diperlukan bayi biasanya 90×120 cm. Pilih bahan yang cocok dengan cuaca. Selimut penting untuk mempertahankan suhu badan bayi, jadi pilihlah selimut dengan material yang baik.

Keempat, mainan. Dewi menyarankan orang tua untuk membawa paling tidak sekitar lima sampai enam mainan.

Kelima, pakailah sun canopy atau penutup sinar matahari pada bagian kaca mobil sebelah kanan dan kiri.

Keenam, travel cot atau tempat tidur bayi portable. Ini sangat berguna bagi Anda yang menginap di tempat saudara atau hitel yang tempat tidurnya kecil. Anda bisa menidurkan bayi di dalam travel cot.

Travel cot sangat mudah dibongkar pasang karena sangat praktis. Travel cot juga bisa digunakan untuk tempat bermain anak. Namun, travel cot tidak digunakan untuk tenpat tidur sehari-hari karena akan berakibat buruk pada pertumbuhan tulang anak.

Beberapa peralatan di atas adalah untukmenjaga keamanan dam kenyamanan anak saat perjalanan jauh. Perlengkapan ini bisa Anda temukan di berbagai toki perlengkapan bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro