Kopi/wikipedia
Health

Minum Kopi Saat Menyusui. Amankah?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 29 Juni 2017 - 18:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat hamil, semua calon ibu baru Mengurus diet mereka. Mereka memastikan bahwa mereka tidak mengkonsumsi sesuatu yang akan membahayakan bayi mereka yang tumbuh di dalamnya. Hal yang sama berlaku saat ibu menyusui bayinya.

Saat bayi Anda berada di dalam rahim Anda, dia bergantung pada Anda untuk mendapatkan nutrisi dan perawatan. Begitu juga saat Anda menyusui, bayi Anda benar-benar bergantung pada nutrisi Anda, terutama jika Anda menyusui secara eksklusif.

 Jika Anda sedang menyusui, seharusnya tidak mengherankan bahwa apa yang Anda makan juga mencapai bayi Anda. Dipercaya bahwa persentase dari apa pun yang Anda makan masuk ke aliran darah dan sekitar satu persen darinya masuk ke dalam ASI.

Saat Anda memberi makan bayi Anda, dia bisa mencicipi bumbu, rasa manis dan selera makanan lainnya yang Anda konsumsi. Dikatakan bahwa jika Anda makan sehat saat hamil dan menyusui, bayi juga akan menyukai makanan sehat saat ia tumbuh.

Kafein adalah zat yang berpotensi membahayakan bagi bayi Anda. Dokter menganjurkan agar konsumsi kafein dihindari atau setidaknya dikurangi saat hamil dan menyusui.

Bagi kebanyakan orang tua, secangkir kopi, teh atau sekaleng cola yang diangin adalah anugerah saat mereka mencoba untuk rileks. Tanpa menghiraukan minuman berkafein mungkin tidak mudah. Kami telah membuat daftar fakta yang memberi tahu Anda lebih banyak tentang kafein dan konsumsinya selama menyusui. Bacalah untuk mengetahui lebih banyak dan Anda dapat menyesuaikan kebiasaan terkait kafein Anda. Bagaimana Berbahaya Apakah Kafein untuk Bayi?

Efek kafein pada bayi mungkin berbeda sesuai dengan kepekaan bayi terhadapnya. Beberapa bayi tidak menunjukkan reaksi terhadapnya, meski jumlahnya sedikit pun akan menyebabkan banyak masalah bagi beberapa orang lainnya. Pada dasarnya, tubuh bayi tidak cukup berkembang untuk menyingkirkan kafein. Jadi, bila ASI mengandung sejumlah kafein tertentu, itu akan menumpuk di tubuh bayi. Pembentukan kafein menyebabkan bayi terjaga dan mudah tersinggung. Bayi mungkin juga menunjukkan hiperaktif dan kegelisahan

Berapa Banyak Kafein Aman untuk Bayi? Adalah normal bagi seorang ibu untuk merasa lelah setelah melahirkan. Hari-hari berikutnya juga pasti sangat sibuk dan melelahkan. Tidak apa-apa untuk mendambakan minuman berkafein favorit Anda. Baca juga: Apa itu Perayapan Payudara? Jumlah kafein yang disarankan adalah 300 gram sehari.
 
Ini sama dengan 6 cangkir teh atau kopi dan 7 kaleng cola aerasi. Jika bayi Anda menunjukkan reaksi terhadap jumlah kafein ini dalam makanan harian Anda, cobalah dan potong kembali beberapa cangkir. Jika masalah masih berlanjut, Anda mungkin ingin menghilangkan kafein dari makanan Anda sepenuhnya. Apa Alternatif Minuman Kafein dan Caffeinated? Anda bisa memilih minuman non-berkafein seperti susu, air kelapa, air jeruk nipis dan jus buah. Bahkan jika Anda mengonsumsi kafein, Anda bisa mencoba dan minum banyak air untuk membersihkan kafein dari tubuh Anda secara efisien.
 
Ada pilihan tanpa kafein tersedia untuk teh dan kopi juga. Sementara teh herbal sepertinya pilihan yang baik, beberapa di antaranya mengandung kafein. Pastikan untuk memeriksanya dengan baik sebelum Anda mengkonsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro