Jeanne Gang/MacArthur Foundation
Fashion

Dari Tabung Kardus Ringan, Seniman ini Ciptakan Karya Monumental

Dika Irawan
Selasa, 4 Juli 2017 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah pameran akan menampilkan tumpukan tabung kardus membentuk tiga struktur saling bersatu seperti sarang lebah di Washington, D.C. Amerika Serikat, pada Kamis (4/7/2017).

Benda tersebut merupakan bagian dari rangkaian instalasi karya arsitek Jeanne Gang. Pameran bertajuk "Hive" ini mengambil tempat di Great Hall dari National Building Museum. Tinggi karya tersebut lebih dari 60 kaki atau 18 meter. Digelar hingga 4 September, pameran tersebut terbuka untuk umum.

Pada pameran ini akan menghadirkan tiga ruang kubah instalasi yang terbuat dari 2.700 silinder kardus ringan dengan ketinggian hingga 10 kaki atau 3 meter. Tabung-tabung itu dilukis dengan perak dan magenta serta ditumpuk secara bersambung satu sama lainnya.

Kepada Reuters, Gang menuturkan bahwa karyanya ini mirip dengan struktur kubah katedral yang dirancang untuk menahan bebannya sendiri. "Kami pikir ini adalah tempat yang sangat luas, kami ingin naik ke tempat yang tinggi," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (4/7/2017).

Gang mengaku ingin membuat karya yang monumental, tetapi memiliki keintiman tertentu. Karya ini dapat dieksplorasi dari balkon lantai museum dan juga dari permukaan tanah, di mana pengunjung bisa memasuki ruang gelap dan berinteraksi dengan beberapa elemen akustik seperti lonceng dan drum kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro