Pengrajin membuat perhiasan dari perak di Kendalsari, Malang, Jawa Timur, Senin (8/5)./Antara-Ari Bowo Sucipto
Fashion

Begini Cara Merawat Perhiasan Perak

Nindya Aldila
Jumat, 7 Juli 2017 - 01:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kelembaban dan polusi terbukti bisa merusak penampilan perhiasan yamg terbuat dari perak. Ditambah lagi musim hujan yang membahayakan perhiasan Anda. Simak cara berikut untuk menjaga kilau perhiasan Anda.

Dikutip dari The Indian Express, Creative Director Amrapali Jewels Anuradha Ramam memberikan sejumlah tip untuk menjaga penampilan perhiasan yang terbuat dari perak.

Menurutnya, hal yang paling utama adalah sebaiknya tidak membersihkan perhiasan dengan cairan pembersih karena akan membuatnya kusam. Lebih baik Anda menyimpannya di dalam tas plastik tertutup.

Selain itu, lepaslah perhiasan Anda saat mandi atau bahkan saat mencuci tangan Anda. Perak rentan dan perlu perhatian khusus saat berhubungan dengan cara penyimpanan.

Anda harus menggunakan tas berbeda untuk perhiasan perak Anda, lebih baik gunakan tas plastik ziplock untuk hiasan perak Anda dan sejumlah kapas di dinding tas. “Anda juga bisa menggunakan kain katun. Gunakan wadah yang tahan kelembaban dan tidak terpapar udara dan cahaya,” katanya.

Setelah itu, serahkan perhiasan Anda ke tangan profesional untuk menjaga kilau, kecemerlangan dan fleksibilitasnya.

Di samping pembersih kimia, gunakan bahan-bahan ekonomis dari dapur Anda seperti sabun lembut serta minyak zaitun yang dicampur dengan perasan lemon.

Hati-hati saat Anda mengaplikasikan mekap. Lebih baik, gunakan mekap sampai selesai, setelah itu Anda bisa kenakan perhiasan Anda.  Selain itu, parfum juga bisa membahayakan perhiasan Anda.

Terakhir, dianjurkan untuk meletakkan kantong berisi arang dan silikon ke dalam kantong ziplock agar perhiasan perak tidak pecah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro