Ilustrasi: Salah satu karya instalasi Tintin Wulia/tintinwulia.com
Fashion

Art Fair di Mata Tintin Wulia

Dika Irawan
Selasa, 11 Juli 2017 - 12:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di pertengahan tahun ini, para pencinta seni disuguhi gelaran art fair seperti Art Jog pada beberapa bulan lalu, kemudian Jakarta Art 2017 hingga Art Jakarta 2017 mendatang.

Bagi seniman Tintin Wulia, art fair bukanlah fenomena baru dalam dunia seni. Dengan segala keterbatasannya, ujarnya, keberadaan art fair di Indonesia akan berdampak positif bagi seniman-seniman lokal karena pengunjung art fair sangat beragam.

“Bukan hanya kolektor, tapi juga kurator, direktur museum, penulis atau kritisi, dan profesional seni lainnya yang datang,” ujar Titin kepada Bisnis, Selasa (11/7/2017).

Wanita yang saat ini mewakili Indonesia di ajang Venice Biennale itu menambahkan lantaran berkumpulnya puluhan galeri-galeri dalam satu tempat lebih mudah melihat banyak karya seniman dalam waktu yang singkat.

Menurut dia, para profesional seni yang datang ke art fair juga biasanya mengadakan kunjungan-kunjungan sampingan yang substansial.

Misalnya, ujar Tintin, ke pameran lain yang sedang berjalan, dan juga ke studio-studio seniman lokal. Sehingga hal tersebut memberikan manfaat bagi para seniman.

Pada 19 Mei hingga 19 Juni lalu di Jogja National Museum, Yogyakarta, digelar Art Jog untuk ke-10 kalinya sejak pertama kali diselenggarakan pada 2008 dengan nama Jogja Art Fair. Mengambil tema Changing Perpective sebanyak 59 seniman berpartisipasi pada ajang tersebut.

Sementara itu hadir dengan nama Art Jakarta, Bazaar Art Jakarta akan digelar pada 27 hingga 30 Juli di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Mengangkat tajuk Unity in Diversity, ajang tersebut akan menghadirkan galeri-galeri dari sejumlah negara seperti Singapura, Jepang, Malaysia, FIlipina, Korea Selatan, Spanyol, Thailand, China, dan Prancis.

Di kota yang sama, Art Stage Jakarta akan dihelat kembali pada 11 hingga 13 Agustus mendatang di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

Sebanyak 50 galeri seni dari dalam dan luar negeri akan berpartisipasi pada ajang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro