Ilustrasi/arsip.ubaya.ac.id
Relationship

Tiga Langkah Menjadi Pensiun yang Kaya

Newswire
Rabu, 19 Juli 2017 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Kalau ada hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mempersiapkan pensiun sekaligus membuat Anda lebih percaya diri tentang prospek keamanan finansial di masa tua, maka itu adalah membuat rencana pensiun tertulis menurut laporan firma penyedia jasa konsultasi investasi dan pensiun.

Laporan terkini Schwab menunjukkan orang-orang yang punya rencana pensiun tertulis memiliki 60 persen lebih kemungkinan meningkatkan cadangan dana pensiun yang berkualitas serta dua kali lebih cenderung berkomitmen pada target tabungan bulanan mereka dibandingkan dengan mereka yang tak memiliki rencana pensiun tertulis.

Survei Wells Fargo/Gallup yang dirilis awal tahun ini juga mendapati mereka yang memiliki rencana pensiun cenderung lebih merasa memiliki cukup uang untuk mempertahankan gaya hidup setelah pensiun.

"Menuangkan rencana dalam tulisan membuat merencanakan pensiun tidak terlalu mengintimidasi," kata Joe Ready, kepala Wells Fargo Institutional Retirement and Trust.

"Itu membantu Anda melihat langkah-langkah yang Anda perlukan, yang membangun kepercayaan diri dan membuatnya lebih mungkin Anda ikuti," katanya dalam siaran TIME, Selasa (18/7).

Sayangnya, tidak banyak orang yang mempersiapkan rencana pensiun secara tertulis. Menurut studi Schwab, hanya 24 persen orang Amerika yang mengatakan mereka memiliki rencana keuangan secara tertulis.

Berikut tiga unsur dasar penting dalam membuat rencana pensiun tertulis:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro