OK Pangan/OK.Video
Fashion

Indonesia Media Arts Festival 2017 Hadirkan Program Open Lab

Dika Irawan
Senin, 24 Juli 2017 - 01:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun ini, OK. Video - Indonesia Media Arts Festival, sebuah perhelatan 2 tahunan seni media di Indonesia, mengangkat teman utama Pangan. Tema ini diangkat sebagai upaya pembayangan kultur pangan seperti halnya kultur media itu sendiri di kalangan masyarakat.

Menurut salah satu kurator, Julia Sarisetiati, hubungan pangan dan media terletak pada konteks pesebarannya, di mana pelaku di antara dua kultur tersebut adalah warga itu sendiri.

OK. Video sejak perhelatannya pada 2003 dimaksudkan sebagai sebuah festival yang mencoba membawa seni dalam perluasan-perluasan artistik dan mediumnya.

Bersamaan dengan itu, sambungnya, perhelatan ini berusaha menjangkau persoalan sosial kekinian yang semakin kompleks di masyarakat. Terkhusus di dalam OK. Pangan OK. Video - Indonesia Media Arts Festival 2017 ini, seni media ditempatkan sebagai wadah kerja seni yang demokratis.

“Putusan artistik mungkin ada di tangan seniman, tetapi properti artistik bisa saja ada di tengah masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (23/7/2017).

Satu di antara program OK. Pangan adalah Open Lab, program residensi yang bertujuan mengeksplorasi dan menampilkan hubungan antara media, teknologi, dan politik pangan.

Seni media sebagai wadah produksi artistik yang kolaboratif menjadikan Open Lab sebuah pendekatan laboratorium sebagai sebuah tempat (place) dan ruang (space) pertemuan terbuka yang melibatkan seniman, ilmuwan, para praktisi dari berbagai latar belakang ilmu pengetahuan.

Selain itu, partisipan dari warga pun coba diajak untuk bekerja sama dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Program Open Lab ini adalah wadah berkelanjutan yang masih akan terus berlanjut setelah festival usai.

Open Lab ini terbagi menjadi dua yaitu residensi fisik dan virtual. Pada residensi fisik, mempertemukan antara seniman dan para praktisi ilmu pengetahuan dalam menjalankan proyek seni. Praktik Open Lab yang pertama ini menghadirkan sembilan proyek seni yang melibatkan 19 seniman/lembaga/komunitas yang berkolaborasi.

Program Open Lab yang pertama ini berlangsung Juni-November 2017 di Gudang Sarinah Ekosistem.

Sementara itu, residensi virtual, mempertemukan seniman dan komunitas serta kolaborator, terdiri dari komunitas, organisasi, dan peneliti virtual—yang dimediasi perangkat jejaring internet. Residensi yang bekerja sama dengan Forum Lenteng dan pad.ma ini hendak menyikapi kemungkinan baru kerja kolaborasi seni yang dimungkinkan di era komunikasi Internet.

Program residensi virtual ini telah menerima 12 proposal dari berbagai negara. Para peserta terpilih akan berkerja mulai Agustus-September 2017.

Adapun presentasi dari hasil akhir Open Lab Resindesi Virtual ini akan berlangsung pada perhelatan Festival Arsip yang diselenggarakan oleh Indonesia Visual Art Archive (IVAA) pada Oktober 2017.

Penyajian program pameran dalam festival ini dirancang untuk menciptakan dialog dengan lokasi Jakarta dan Bogor, situasi di Indonesia, dan konteks Asia Tenggara. Beberapa karya dalam pameran ini juga menggunakan arsip sebagai usaha melacak masa lalu dan sejarah terkait dengan dimensi ekonomi, politik administrasi, dan sejarah sosial dari makanan.

Banyak karya yang ditampilkan merupakan hasil kerja sama senimannya dengan komunitas dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fokus di bidang isu pangan.

Pameran OK. Pangan OK. Video - Indonesia Media Arts Festival 2017 akan dilaksanakan sepanjang 22 Juli - 16 Agustus 2017, di beberapa titik di Gudang Sarinah Ekosistem, yaitu Hall A1; Hall A4; Hall B; RURU Galllery, Museum Zoologi Bogor, dan Pusat Perpustakaan & Penyebaran Teknologi Pertanian. Program yang terkandung di dalamnya adalah Pameran, Open Lab, Program Belajar, Simposium, Performance, dan beberapa program pendukung lainnya.

Program Pameran Ok. Video Ok. Pangan 2017 ini melibatkan 35 seniman dan lembaga yang berasal dari 13 negara. Salah satu karya dari seniman asal New York berada di Museum Zoologi Bogor. Offsite Exhibition tersebut akan dibuka pada pada 10 Agustus, dan dipamerkan sampai 16 Agustus 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro