Aime de Jongh/youtube
Show

Animator Belanda Ini Bertandang ke Indonesia

Ramdha Mawaddha
Senin, 31 Juli 2017 - 05:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dari banyaknya kreator yang hadir dalam Popcon Asia tahun ini, ada seorang animator berbakat asal Belanda, Aimée de Jongh yang dijadwalkan meramaikan gelaran ini pada 5-6 Agustus di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Aimée de Jongh adalah seorang kreator wanita multi talenta asal Belanda yang menjadi Pop Star di Popcon Asia 2017. Wanita kelahiran 1988 ini telah menorehkan kiprahnya di berbagai bidang industri kreatif mulai dari komik, illustrasi, hingga animasi.

Seorang Animator bagian efek di Walt Diesney Pictures Joseph Gilland menyampaikan pujian untuk Aimee beberapa waktu lalu. Gilland mengatakan sangat menyukai karya Aimee karena jarang ditemukan pada animator lain.

“Dia adalah seorang animator bagian efek yang natural. Saya sangat menyukai karyanya. Ia adalah seorang artist yang jarang ditemukan, kini tidak ada banyak artist yang menggeluti 2D FX,” katanya dalam keterangan pers.

Saat ini Aimée sedang berkolaborasi bersama pemain harpa Lavinia Meijier dalam pengerjaan sebuah film animasi berdurasi 60 menit. Selain itu ia juga tengah berkolaborasi bersama penulis komik ternama asal Belgia bernama Zidrou dalam mengerjakan graphic novel terbarunya.

Telah banyak karya yang ia buat dengan segudang penghargaan yang telah ia raih atas kreativitas dan inovasi dalam karya-karyanya tersebut. Sebelum bertemu animator ini, baca dulu beberapa fakta tentangnya di bawah ini;

Sudah berkarya sejak remaja

Kreator wanita asal Rotterdam, Belanda ini sudah merilis karyanya sejak remaja. Pada usia 17, ia merilis buku komik pertamanya yang berjudul Aimée TV. Tekad dan bakat yang ia miliki mengantarkan Aimée de Jongh untuk menyalurkan ide kreatifnya di sebuah sekolah seni.

Setelah mendapat gelar Sarjana seni di bidang animasi pada tahun 2011, Aimée memutuskan untuk menjadi seorang “sequential artist” yang memiliki beragam style dan teknik dalam animasinya. Dalam berkarya ia banyak mendapat inspirasi dari berbagai komik Eropa.

Selain itu, manga dan film animasi Jepang juga membawa inspirasi bagi Aimée dalam mengerjakan setiap karyanya.

Berkarir di dunia komik

Sejak pertama kali terjun ke dunia kreatif, Aimée telah merilis banyak karya dalam bidang ilustrasi, komik, serta animasi. Salah satu komik karyanya yang cukup dikenal adalah Snippers. Komik ini ia buat untuk dimuat dalam surat kabar Dagblad Metro di Belanda.

Komik ini pertama kali dirilis pada tahun 2011. Komik Snippers ini menceritakan kisah Aimée dan rekannya Stef yang berjuang menjalani lika-liku kehidupan sehari-hari. Selain di koran Dagblad Metro, komik ini telah diterbitkan dalam format buku oleh penerbit Strip2000 dan juga dapat dibaca secara daring di Facebook serta dalam versi Webcomic dengan bahasa Belanda.

Meraih berbagai penghargaan

Atas kreativitasnya dalam berbagai karya, Aimée de Jongh telah tampil dalam berbagai karyanya pernah dipamerkan di berbagai pameran seni dan karya kreatif seperti Kunsthal Kade di tahun 2015.

Aimée dan karya kreatifnya juga pernah dipamerkan di Whitney Museum of American Art yang bertempat di New York pada tahun 2014. Ia juga pernah ikut dipamerkan di 18th Street Arts Center yang berlokasi di Los Angeles pada tahun yang sama.

Pada tahun 2015 Aimée de Jongh meraih penghargaan Dutch Comic Author of The Year atas komik yang berjudul De Terugkeer van de Wespendief.
Satu tahun sebelumnya, di tahun 2014 ia mendapatkan penghargaan Special Mention di ajang Klik Animation Festival atas video musiknya yang berjudul Last Resistance.

Jauh sebelum itu di tahun 2004 Aimée mendapatkan juara ke-3 dalam ajang Fanthology Manga Competition. Kreativitasnya dalam berkarya juga telah diakui oleh berbagai brand dan perusahaan ternama di Belanda yang menjadi klien Aimée.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro