Ceko Ladislav Vlana/Reuters
Fashion

Di Tangan Seniman ini Api Jadi Alat untuk Melukis

Dika Irawan
Rabu, 2 Agustus 2017 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seniman dituntut kreatif untuk menghasilkan karya-karya yang menarik. Seperti halnya seniman Ceko Ladislav Vlana. Dia menukar kuas dengan obor api untuk membuat karya lukisan.

Teknik lukisan karya Vlna sendiri menghasilkan potongan yang sangat rumit dan detail. Dia umumnya melukis potret dan figur dengan obor oxyacetylene.

Dikutip dari reuters, Rabu (2/8/2017), seniman berusia 40 tahun ini mengawali lukisannya pada sebidang permukaan baja. Kemudian dia mengukir, mempertajam, dan memoles gambar dasarnya sebelum meletakkan nyala api ke permukaan baja tersebut.

Untuk mengubah warna, dia tinggal menaikkan atau menurunkan suhu apinya. "Saya melukis dengan api bukan kuas cat. Saya mengeluarkan warna dari dalam baja dengan api dan api," ujarnya.

Munculnya tiap gambar pada lukisan dipengaruhi oleh cahaya yang dipantulkan ke permukaan logam. Dengan menciptakan bentuk di dalam logam, dia memanipulasi cahaya untuk menekankan 'goresan kuas' yang unik yang telah dicetaknya.

"Gambar yang diletakkan di tempat yang sama terlihat berbeda di pagi hari dan di sore hari tergantung pada perubahan cahaya", katanya.

Dia membutuhkan hingga 8.000 euro untuk membuat satu llukisan. Dia menghabiskan 15 tahun menyempurnakan teknik tersebut, melalui trial and error.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro