Ilustrasi/Istimewa
Health

Anda Sulit Tidur? Tak Perlu Minum Dumolid, Ketahui 5 Hal Berikut

JIBI
Minggu, 6 Agustus 2017 - 10:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gangguan sulit tidur dan mengkonsumsi pil dumolid belakangan terkesan memiiki kaitan. Hal itu terjadi seiring penangkapan terhadap aktor Tora Sudiro dan istrinya Mieke Amalia karena mengkonsumsi pil psikotropika tersebut.

Tora dan istrinya berdalih mengkonsumsi pil dumolid karena sulit tidur, begitulah alasannya keduanya saat menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan.

Tentu gangguan sulit tidur tak mesti ditangani dengan menelan obat jenis psikotropika.

Menurut Psikiater Klinik Psikosomatik Omni Hospitals, Alam Sutera dr Andri SpKJ FAPM., secara klinis ada beberapa kondisi yang disebut sulit tidur. 

Pertama adalah sulit memulai tidur. Kedua, sulit mempertahankan tidur,

"Jadi baru sebentar tertidur, kemudian bangun lagi, terus tidur lagi, dan kebangun lagi, begitu seterusnya," ujar Andri.

Ketiga, adalah bangun tertalu awal (misalnya, pukul 3 pagi) dan tidak bisa tidur lagi.

Gangguan tidur ini, menurut Andri bisa terjadi dalam seminggu, sebulan, atau berbulan-bulan.

"Ini terjadi karena pasien tidak menemukan penyebabnya," katanya, dikutip dari Tempo.co, Minggu (6/8/2017).

Penyebab gangguan tidur juga ada berbagai faktor. Seperti disebutkan Andri, pertama adalah faktor lingkungan, misalnya lingkungan yang berisik, tempat baru atau jet lag.

Kedua adalah faktor kejiwaan seperti depresi atau cemas. Ketiga karena faktor medis seperti sakit perut, gangguan paru, jantung yang membuat sesak napas, atau nyeri berkepanjangan yang membuat tak bisa tidur, atau bisa juga faktor yang berkaitan dengan fungsi otak, trauma kepala yang terjadi di kepala, atau kondisi stroke. 

Berbagai akibat bisa terjadi karena sulit tidur itu. Misalnya absensi, yang bersangkutan akan selalu telat datang ke kantor.

Kemudian, sulit tidur juga akan mengakibatkan ngantuk, ini bisa menyebabkan kecelakaan saat berkendara.

Ngantuk juga bisa membuat prestasi kerja atau pelajaran menurun, karena yang bersangkutan tidak bisa fokus pada pekerjaan atau pelajarannya.

"Dalam jangka panjang, sulit tidur juga bisa menimbulkan kecemasan juga depresi karena yang bersangkutan merasa tidak bisa mengatasi gangguan tidurnya sendiri," katanya.

Andri menyarankan untuk mencari tahu sumber masalahnya. Sebagai berikut :

  1. Apakah gangguan medis, lingkungan, atau gangguan jiwa
  2. Kemudian cari tahu kesehatan tidurnya (sleep hygine), bagus atau tidak? Misalnya menjelang tidur kita main laptop, main hape atau nonton tv (ini tidak disarankan), seharusnya 1 jam sebelum tidur, kita lepas dari perangkat tersebut.
  3. Apakah olahraga terlalu malam, meningkatnya adrenalin di dalam tubuh, bisa menyebabkan tidak bisa tidur;
  4. terpenting lagi adalah jadwal: Manusia itu harus tidur dalam waktu yang teratur, jangan sembarangan. Misalnya hari ini jam 8 malam, besoknya, jam 12 malam, besoknya lagi jam tiga pagi. "Waktu tidur itu harus sama, juga waktu bangunnya," kata Andri menambahkan.
  5. Olahraga di pagi hari sebaiknya ada sinar matahari. Misalnya dari jam 7-8 pagi, selama 15 menit, akan mengembalikan irama sirkadian tubuh ke hal yang baik.

"Dengan mengetahui 5 hal tersebut, sulit tidur akan bisa diatasi dengan mudah," ujar Andri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro