Indihome Prambanan/Istimewa
Musik

Indihome Prambanan Jazz 2017, Padukan Musik dan Tempat Eksotis

Ramdha Mawaddha
Rabu, 9 Agustus 2017 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Musik telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Namun, untuk menikmati musik, tiap orang memiliki cara yang berbeda-beda.

Salah satu cara menikmati musik yang umum dilakukan adalah menyaksikan penampilan penyanyi idola di atas panggung, secara langsung. Meski tak semua orang bisa melakukannya, cara ini menjadi salah satu yang banyak diminati.

Belakangan, festival musik kini tak hanya berpusat di ibu kota saja. Beragam festival musik berskala nasional bahkan internasional sudah merambah ke daerah-daerah. Salah satunya Indihome Prambana Jazz yang digelar di Yogyakarta.

Menurut pengamat musik Idhar Resmadi, gelaran festival musik di daerah menjadi hal yang cukup menarik dan relevan dalam konteks pariwisata. Beberapa waktu lalu, juga ada Jazz Gunung yang berlokasi di Gunung Bromo.

"Tentu saja karena karena label international, pemilihan tempat saat ini, untuk festival musik memilih yang unik dan berbeda. Karena market pariwisata biasanya mengincar turis baik mancanegara maupun domestik," katanya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Untuk menarik minat pengunjung, tambahnya, banyak penyelenggara festival yang melirik hal berbeda dengan memilih lokasi-lokasi eksotis seperti Candi Prambanan.

"Dalam konteks pariwisata, ini menyajikan festival musik yang menyuguhkan pengalaman berbeda untuk pengunjung," katanya.

Branding Pariwisata

Menurut Idhar, branding pariwisata merupakan salah satu elemen yang belum terlalu digarap secara serius oleh pelaku industri musik maupun pemerintah. Padahal, jika digarap dengan serius juga berdampak pada industri musik di daerah itu sendiri.

"Ya, kalau dibandingkan negara tetangga Singapura, yang memiliki daya tarik pariwisata dari sektor musik. Persoalan festival yang terjadwal dengan baik dan sustainable salah satu faktornya. Saya pikir kalau ada festival di daerah yang sustain itu mendongkrak industri musik daerah itu sendiri," jelasnya.

Kehadiran festival musik, kata Idhar, bisa menjadi ruang untuk musisi-musisi lokal. Apalagi, jika festival menghadirkan musisi internasional berkelas yang mampu memberikan pengalaman dan pelajaran untuk musisi lokal.

"Jadi kehadiran festival musik untuk musisi lokal bisa kita pandang sebagai ruang apresiasi sekaligus edukasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro