Buah pisang/Istimewa
Health

Saat Lelah, Sebaiknya Konsumsi Makanan Alami Ini

Agne Yasa
Sabtu, 12 Agustus 2017 - 21:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Semua dari kita benar-benar menyadari perasaan kelelahan ketika sudah sore namun masih memiliki pekerjaan atau proyek untuk diselesaikan. Di saat yang sama pikiran berubah berkabut, kelopak mata mulai kendur dan tidak bisa berpikir jernih.

Bagi sebagian orang, soda, kopi atau makanan ringan yang mengandung gula adalah solusi untuk mengatasinya. Gula dan kafein pasti memberi efek segera, tapi setelah cepat habis, justru kita merasa lebih terkuras dan lesu.

Seiring tingkat energi kita menurun karena gaya hidup yang tertekan, banyak dari kita mencari perbaikan cepat untuk mengatasi kelelahan. Tapi itu bukan solusi untuk masalah ini. Solusi jangka panjang untuk merosotnya energi sesekali adalah mengubah diet.

Mengonsumsi makanan bergizi dan secara berkala menjaga tubuh tetap bermuara. Namun, dalam kondisi terbaik sekalipun, kita mungkin memerlukan pasokan energi instan.

Dilansir sari Boldsky.com pada Sabtu (12/8/2017) berikut adalah beberapa makanan alami yang bisa cepat memberi energi dan membuat kita segar kembali dan direvitalisasi.

Pisang: Penguat energi alami ini adalah perpaduan sempurna antara karbohidrat kompleks, gula alami, asam amino, vitamin dan antioksidan. Ini membantu menghasilkan nor-epinefrin yang meningkatkan tingkat kewaspadaan. Mudah dibawa, satu pisang segar bisa memberi 80 hingga 120 kalori.

Kacang-kacangan: Sejumlah kacang mentah campuran, biji-bijian dan buah kering bekerja sebagai camilan yang indah kapan pun kita membutuhkan energi instan. Mereka adalah sumber protein, lemak sehat, serat dan mineral yang baik seperti magnesium dan folat (asam folat). Nutrisi ini penting untuk produksi energi dan sel. Namun, versi kemasan harus dihindari karena sering mengandung kelebihan garam dan minyak tidak sehat.

Telur: Telur adalah pilihan sarapan yang fantastis karena merupakan sumber protein yang lengkap karena mengandung semua sembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk kebutuhan makanan tubuh kita. Sarat dengan vitamin B kompleks dan vitamin D, mereka mampu memberikan pasokan energi sepanjang hari. Cobalah mengemil telur rebus atau telur orak-arik untuk meningkatkan energi.

Alpukat: Dikenal sebagai makanan super, alpukat kaya akan vitamin B, C, K, mineral dan asam lemak monosaturated yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kandungan serat tinggi itu membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Dengan mudah ditambahkan ke makanan harian Anda selama sarapan pagi agar tubuh tetap diisi sepanjang hari.

Cokelat Gelap: Cokelat sangat memberi energi dan penguat mood yang sangat baik. Ini memiliki kafein dan stimulan lainnya seperti theobromine dan triptofan (pendahulu serotonin) yang menenangkan pikiran.

Sayuran Hijau Berdaun: Sayuran adalah yang terbaik karena kalori dan serat dan mineralnya rendah. Sayuran seperti bayam, kol, dan wortel membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan menjaga agar tubuh tetap menyala sampai makanan berikutnya. Ambillah sebagai salad atau nikmati sebagai smoothie untuk mendapatkan manfaatnya.

Air: Menjadi terhidrasi adalah cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan tingkat energi. Menjaga sumber air bersih setiap saat dan minum sepanjang hari dapat membuat tubuh tetap berenergi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Agne Yasa
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro