Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

Diabetes Melitus : Begini Cara Mudah Turunkan Gula Darah

Nancy Junita
Senin, 21 Agustus 2017 - 17:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Paria atau pare, disebut juga bitter melon atau bitter gourd berasal dari keluarga Momordica Charantia. Sayuran berbentuk bulat panjang runcing memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit ini disebabkan karena kandungan zat gizi quinine.

Tahulah Anda manfaat pare untuk kesehatan?

Pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti penyembuhan sembelit karena mengandung serat tinggi, ‘pemurnian’ darah, meningkatkan daya tahan tubuh.

Apakah karela menurunkan gula darah? Karela adalah nama India dari labu pahit. Nah, kebanyakan dari kita tidak pernah menyukai sayuran ini karena rasanya yang pahit. Sebenarnya, rutin mengkonsumsi sayur ini bisa memiliki efek pemurnian pada darah Anda. Ini juga menawarkan serat dan penyembuhan sembelit.

Namun, selain itu pare juga bermanfaat mengendalikan kadar gula darah. Itulah sebabnya, sayuran ini direkomendasikan untuk dikonsumsi para penderita diabetes melitus.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pare dapat meminimalkan aktivitas enzim alfa glukosidase. Ini akan membantu mencegah lonjakan gula darah setelah Anda makan.

Untuk mendapatkan manfaat dari pare ini, Anda bisa mengonsumsi jus pare pada pagi hari. Ini akan mengontrol kadar gula darah. Pasalnya, pare mengandung senyawa seperti karoten dan momorcidin yang bersifat antihiperglikemik. Senyawa ini membantu dalam mengurangi gula darah pada penderita diabetes.

Jika tidak sempat minum jus pada pagi hari, Anda bisa meminum teh pare.
Beberapa toko menjual pare dalam bentuk yang kering. Anda juga bisa mengeringkannya sendiri. Siapkan teh dengan merebus pare kering dengan segelas air. Saring dan minumlah dua kali sehari.

Tak hanya dagingnya, biji pare pun bermanfaat untuk kesehatan. Biji pare mengandung polipeptida P yang bekerja hampir seperti insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain sebagai teh, pare juga bisa diolah menjadi sayur. Jika rasa pahit menjadi masalah, disarankan untuk mengolah sayur pare dengan rasa pedas untuk menutupi rasa pahit.

Bila masih tidak menyukai rasa pare yang pahit, Anda bisa bisa berkonsultasi dengan dokter Anda dan mencoba suplemen pare. Dokter dapat membantu Anda mengetahui dosis dan waktu yang tepat untuk mengonsumsi kapsul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro