Gamelan Jawa/Wikipedia
Fashion

Populerkan Gamelan, Dua Tokoh Selandia Baru Dapat Penghargaan

Kurniawan A. Wicaksono
Jumat, 25 Agustus 2017 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua tokoh asal Selandia Baru mendapatkan penghargaan dari Indonesia karena telah mempopulerkan gamelan di negaranya.

Hal ini dilakukan Kedutaan Besar Indonesia di Wellington dalam resepsi diplomatik perayaan kemerdekaan Indonesia belum lama ini. Dua warga Selandia Baru itu yakni Alan Thomas dan Jack Body. Keduanya seniman dan dosen di Victoria University of Wellington.

Pasalnya, menurut Duta Besar Tantowi Yahya, berkat jasa kedua warga tersebut, saat ini sudah ratusan masyarakat Selandia Baru yang bisa memainkan gamelan dan tampil secara kontinyu di berbagai tempat, termasuk beberapa kali di Indonesia.

"Budaya adalah diplomasi yang sangat efektif. Karena ia bisa menjembatani semua perbedaan dan sanggup menembus semua peradaban. Kedekatan kita dengan masyarakat Selandia Baru selama ini, salah satunya tercipta lewat gamelan ini,” ujar Tantowi, seperti dikutip dari laman resmi Kemenlu, Jumat (25/8/2017).

Kedua tokoh tersebut, lanjut dia, memasukkan gamelan dalam kurikulum di the school of music di University of Victoria Wellington. Sertifikat Pengharhagaan diberikan kepada perwakilan atau pewaris dari kedua penerima yang sudah almarhum.

Resepsi diplomatik dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Hon Gerry Brownlee, para pejabat tinggi pemerintahan dan militer Selandia Baru, korps diplomatik, kalangan bisnis, akademisi, pemuka masyarakat dan kalangan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro