Saykoji dan Bagus NTRL
Musik

Lomba Akustik Indonesia Mendunia: Ini Nama Para Pemenangnya

Andhika Anggoro Wening
Minggu, 3 September 2017 - 23:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagus Ntrl dan Saykoji, dua juri lomba akustik yang diselenggarakan oleh perusahaan kertas nasional, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memberi komentar mengenai jalannya lomba. Pengumuman seputar Lomba Akustik ini digelar di kanal YouTube resmi APP, Asia Pulp & Paper Indonesia. Tidak hanya via YouTube, peserta lomba juga dipersilakan untuk mengunggah karyanya melalui akun Instagram dan Facebook mereka.

Di laman YouTube APP disebutkan bahwa peserta lomba diwajibkan untuk mengunggah karya berupa penampilan akustik, dengan tema ‘Indonesia Mendunia’. Peserta dibebaskan untuk berkreasi dengan berbagai perangkat akustik, mendendangkan lagu yang bertemakan atau bernafaskan Indonesia Mendunia dengan durasi maksimal 5 menit.

Animo peserta lomba cukup membludak. Tercatat 200 lebih peserta mengunggah karya mereka melalui Instagram saja, 170 melalui akun YouTube, dan sekitar 100 peserta berpartisipasi melalui Facebook. Keikutsertaan mereka dapat ditelusuri dengan hashtag #IndonesiaMendunia. APP mengajak warganet, utamanya anak muda untuk berkarya melalui kreativitas bermusik, sekaligus menyuarakan nasionalisme bangsa dalam rangka Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2017 tempo hari lalu.

“Bagus banget animonya, banyak banget yang kirim video ternyata banyak juga. Membuktikan ternyata di luar sana seniman bukan cuma kita-kita saja,” komentar Bagus Ntrl.

Saykoji menambahkan “Banyak orang yang dulunya nggak punya kesempatan untuk diperhatikan sama industri, tapi mempunyai talenta. Kompetisi ini ngasih wadah supaya mereka juga punya kesempatan untuk dilihat.”

Berbagai gaya, genre, serta alat musik secara kreatif ditampilkan para peserta. Ada yang memakai alat musik standar seperti gitar, harmonika, dan sejenisnya, ada yang ber-acapella ria, ada pula yang memanfaatkan benda-benda sekitar seperti peralatan dapur untuk dijadikan instrumen musik.

Setelah melakukan penjurian, akhirnya ditetapkan juara pertama, kedua, ketiga, dan juara favorit.

Juara pertama diraih oleh peserta atas nama Putra Unyil, juara 2 oleh Rezky Kindo, juara 3 Gandung Bagas, serta juara Favorit Fadil Muhammad.

Kedua juri memutuskan untuk memilih Putra Unyil sebagai pemenang, karena menurut mereka liriknya bukan sekadar slogan, tapi benar-benar menyampaikan point-point apa saja yang membuat Indonesia mendunia. Perspektifnya adalah alam kekayaan hayati Indonesia.

“Ada ngerapnya, ada nyanyinya juga, dan itu perlu kreatifitas yang tinggi menurut gue. Bukan cuma sekadar puitis, namun juga bisa simplify sesuatu yang sangat Indonesia bisa menjadi sebuah keseruan,” ungkap Saykoji.

Bagus Ntrl melihat sisi positif diadakannya Lomba Akustik ini oleh sebuah perusahaan swasta. “Gue apresiasi APP dalam memberikan wadah bagi para anak muda yang punya bakat seni untuk berekspresi lewat kompetisi ini, sehingga makin dikenal dan dilihat,”.

Saykoji menambahkan bahwa APP sebagai perusahaan tidak sekadar memiliki persepsi bagaimana menjual produknya, namun juga peduli soal menginvestasikan masa depan negara ini dengan menyediakan wadah buat anak-anak muda untuk berkarya.

“Sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang peduli tidak hanya sekadar profit perusahaan, tapi juga melihat profit bangsanya. Itu menjadi nilai plus,” tutup Saykoji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro