Ilustrasi-Pameran seni rupa/Antara
Fashion

Dua Karya ini Bakal Sita Perhatian di Ajang Europalia Arts Festival

Dika Irawan
Selasa, 5 September 2017 - 14:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Europalia Arts Festival Indonesia bakal menyajikan berbagai kegiatan seperti pameran, musik, performa seni, sastra, hingga film. Salah satu kurator festival Asikin Hasan mengatakan, untuk seni rupa Festival Europalia Indonesia akan diramaikan oleh dua instalasi karya seniman Eko Prawoto dan Faisal Habibie.

Untuk Eko Prawoto, dia bakal menampilkan instalasi berjudul Bale Kambang. Terbuat dari material bambu dan berukuran 272 m2, karya ini akan dipasang di kota Antwerp. Bambu-bambu tersebut diambil langsung dari beberapa desa di sekitar Yogyakarta yang dikenal dengan kualitas dan kekuatan bambunya. Asikin mengatakan, pada 7 Oktober nanti bambu-bambu itu akan diboyong ke Antwerp untuk dirakit untuk menjadi instalasi.

Menurut Asikin karya ini bercerita tentang tanaman bambu yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Budaya bambu, tuturnya, telah berakar kuat pada sebagian besar kelompok etnik yang tersebar di seluruh Nusantara.

“Bambu itu kerap digunakan oleh orang-orang di Nusantara,” tuturnya, Senin (5/9/2017).

Sedangkan Faisal Habibie akan menyulap interior dan eksterior salah satu gedung di Brussels dengan karya instalasinya. Di bagian interior, ujar Asikin, karya ini memiliki ukuran 7,5 x 12 m2. Adapun di bagian eksterior instalasi ini terbagi menjadi dua panel dengan ukuran 18 x 24 m2 dan 17 x 24 m2. Menggunakan medium campuran, Asikin mengatakan, pemasangan karya ini sudah dimulai pada September.

“Karya yang lebih arsitektural ini berbicara tentang gunungan-gunungan untuk merepresentasikan keteguhan. Secara desain kedua karya instalasi ini sudah selesai, tinggal eksekusi di lapangan,” tuturnya.

Lewat perhelatan Europalia Arts Festival Indonesia, publik Eropa bakal diajak untuk mengenal lebih dekat keragaman seni dan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dibuka oleh Presiden Joko Widodo bersama Raja Philipe Belgia di Palais des Beaux-Arts, Brussels, Belgia pada 30 Oktober mendatang, ajang ini juga akan mempertemukan para pelaku seni Indonesia dengan pelaku seni di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro